Baca Doa Ini, Puluhan Malaikat Berebut Membawa Amal Anda

Oleh Sapto Purnomo pada 05 Feb 2021, 10:20 WIB
Diperbarui 05 Feb 2021, 10:20 WIB
Ilustrasi salat
Perbesar
Ilustrasi salat (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Salat menjadi kewajiban setiap umat muslim. Hampir setiap hari ibadah tersebut dilakukan untuk memohon ampunan serta rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala, Tuhan pemilik alam semesta. 

Namun banyak yang belum tahu ada doa  yang sangat dicintai oleh [malikat](showbiz "") dan mereka akan berebut mencatat amal orang yang membacanya. Doa tersebut dibaca saat I'tidal setelah membaca kalimat sami’allahu liman hamidah.

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ (مُبَارَكًا عَلَيْهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى)

"Rabbana wa laka al-hamdu Hamdan Katsīran Thayyiban Mubārakan Fīhi"

30 Malaikat

Dalam hadist sahih yang diriwayatkan oleh Al-Bukhori, bahwasanay ada sekitar 30 malaikat yang berlomba-lomba untuk mencatat amalan orang yang membaca doa tersebut.

عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ الزُّرَقِىِّ قَالَ كُنَّا يَوْمًا نُصَلِّي وَرَاءَ النَّبِي صلى الله عليه وسلم ، فَلَمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ قَالَ : سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ . قَالَ رَجُلٌ وَرَاءَهُ : رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ ، حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ . فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ : مَنِ الْمُتَكَلِّمُ ؟ قَالَ : أَنَا . قَالَ : رَأَيْتُ بِضْعَةً وَثَلاَثِينَ مَلَكًايَبْتَدِرُونَهَا ، أَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا أَوَّلُُ

Rifa’ah bin Rafi’ berkata, ‘Kami pernah shalat bersama Rasulullah, saat bangun dari ruku’ ia membaca, ‘Sami’allahu liman hamidah.” Tiba-tiba ada seorang sahabat yang membaca, ‘Rabbana wa lalakal hamd hamdan katsiran tayyiban mubarakan fihi (wahai Rabb kami, bagi-Mu segala puji, aku memuji-Mu dengan pujian yang banyak, yang baik dan penuh dengan berkah). Setelah selesai shalat, Rasul bertanya, ‘Siapa yang mengucapkan kalimat itu?’ Sahabat itu berkata, ‘Saya Rasulullah.’ Kemudian Rasulullah berkata, ‘Saya melihat sekitar tiga puluhan malaikat berloma-lomba untuk siapa pertama kali yang mencatat (pahalanya),’” (HR Al-Bukhari).

Lanjutkan Membaca ↓