Sukses

Komedian Legendaris Malaysia Datuk Jamali Shadat yang Pernah Tampil di Upin Ipin Meninggal Dunia

Komedian legendaris Datuk Jamali Shadat menampilkan karakter ikonisnya, Atan, dalam salah satu episode serial animasi Upin Ipin.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sebuah kabar duka datang dari komedian legendaris Malaysia, Datuk Jamali Shadat. Dilansir dari media Malaysia Harian Metro dan Astro Awani, komedian dan komika senior ini meninggal dunia pada Rabu (3/2/2021) kemarin.

Ia mengembuskan napas terakhir dalam usia 78 tahun di rumahnya Kampung Sungai Pinang, Pulau Indah Pelabuhan Klang, Malaysia, pada pukul 8:15 pagi waktu setempat. 

Kabar dukacita ini dibenarkan oleh sang cucu, Isyraq Ariff Zalull Ariff, kepada Harian Metro. "Doktor sudah mengesahkan datuk sudah tiada. Urusan proses pengebumian akan dimaklumkan kemudian," kata dia. 

Kabar meninggalnya Datuk Jamali Shadat juga dikabarkan oleh Les' Copaque, studio yang membuat serial animasi populer Upin & Ipin. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Dukacita

Datuk Jamali Shadat memang pernah tampil secara spesial dalam Upin & Ipin dalam episode "Siapa Atan". Kala itu ia menampilkan berbagai suara, juga menghadirkan Atan, karakter ikonis yang ia ciptakan. 

Di akun Twitter resminya, Les' Copaque mengunggah cuplikan gambar animasi Datuk Jamali Shadat hitam-putih. "Mari kita sedekahkan Al Fatihah," tulis Les' Copaque.  

3 dari 4 halaman

Derita Darah Tinggi dan Diabetes

Anak keenam Datuk Jamali Shadat, Fauzi Jamali, mengatakan kepada Astro Awani bahwa ayahnya terus berduka setengah meninggalnya sang istri, Lela Yacob, pada Juni 2018 lalu.

Kondisi kesehatannya juga terus menurun, dengan penyakit darah tinggi dan diabetes yang dideritanya.

4 dari 4 halaman

Komedian Legendaris

Datuk Jamali Shadat dilahirkan di Bukit Kapar, Klang, Selangor, mempunyai delapan anak dan 39 cucu.

Kariernya meroket pada 1980-an, terutama karena kemampuannya menampilkan karakter anak-anak Atan, bersama kakeknya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.