Komedian Legendaris Malaysia Datuk Jamali Shadat yang Pernah Tampil di Upin Ipin Meninggal Dunia

Oleh Ratnaning Asih pada 04 Feb 2021, 12:40 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 12:40 WIB
Datuk Jamali Shadat. (tangkapan layar YouTube  Les' Copaque Production)
Perbesar
Komedian legendaris Datuk Jamali Shadat menampilkan karakter ikonisnya, Atan, dalam salah satu episode serial animasi Upin Ipin. (tangkapan layar YouTube Les' Copaque Production)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sebuah kabar duka datang dari komedian legendaris MalaysiaDatuk Jamali Shadat. Dilansir dari media Malaysia Harian Metro dan Astro Awani, komedian dan komika senior ini meninggal dunia pada Rabu (3/2/2021) kemarin.

Ia mengembuskan napas terakhir dalam usia 78 tahun di rumahnya Kampung Sungai Pinang, Pulau Indah Pelabuhan Klang, Malaysia, pada pukul 8:15 pagi waktu setempat. 

Kabar dukacita ini dibenarkan oleh sang cucu, Isyraq Ariff Zalull Ariff, kepada Harian Metro. "Doktor sudah mengesahkan datuk sudah tiada. Urusan proses pengebumian akan dimaklumkan kemudian," kata dia. 

Kabar meninggalnya Datuk Jamali Shadat juga dikabarkan oleh Les' Copaque, studio yang membuat serial animasi populer Upin & Ipin

2 dari 4 halaman

Ucapan Dukacita

Unggahan Les' Copaque (Twitter/ lescopaque)
Perbesar
Unggahan Les' Copaque (Twitter/ lescopaque)

Datuk Jamali Shadat memang pernah tampil secara spesial dalam Upin & Ipin dalam episode "Siapa Atan". Kala itu ia menampilkan berbagai suara, juga menghadirkan Atan, karakter ikonis yang ia ciptakan. 

Di akun Twitter resminya, Les' Copaque mengunggah cuplikan gambar animasi Datuk Jamali Shadat hitam-putih. "Mari kita sedekahkan Al Fatihah," tulis Les' Copaque.  

3 dari 4 halaman

Derita Darah Tinggi dan Diabetes

Anak keenam Datuk Jamali Shadat, Fauzi Jamali, mengatakan kepada Astro Awani bahwa ayahnya terus berduka setengah meninggalnya sang istri, Lela Yacob, pada Juni 2018 lalu.

Kondisi kesehatannya juga terus menurun, dengan penyakit darah tinggi dan diabetes yang dideritanya.

4 dari 4 halaman

Komedian Legendaris

Datuk Jamali Shadat dilahirkan di Bukit Kapar, Klang, Selangor, mempunyai delapan anak dan 39 cucu.

Kariernya meroket pada 1980-an, terutama karena kemampuannya menampilkan karakter anak-anak Atan, bersama kakeknya. 

Lanjutkan Membaca ↓