Sukses

HyunA Ceritakan Kondisinya Terkini Usai Didiganosis Derita Vasovagal Syncope

Tahun 2019, HyunA mengungkap bahwa dirinya didiagnosis dengan Vasovagal Syncope, depresi, dan gangguan panik.

Liputan6.com, Seoul - Akhir Januari ini, HyunA kembali ke jagat hiburan K-Pop dengan lagunya yang bertajuk "I’m Not Cool". Memasuki masa promosi, tentu saja ia kerap tampil di sejumlah acara TV. Salah satunya adalah acara musik dan bincang-bincang Yoo Hee Yeol's Sketchbook. 

Saat ngobrol dengan Yoo Hee Yeol, HyunA sempat bercerita mengenai kondisi kesehatannya. Seperti diketahui, pada 2019 kekasih Dawn atau Kim Hyo Jong ini mengungkap kepada publik bahwa ia mengalami konsidi vasovagal syncope.

"Karena kondisi vasovagal syncope, aku memiliki tekanan darah rendah. Jadi kadang, saat tekanan darah rendahku turun terlalu cepat, aku akan pingsan," tutur mantan anggota 4Minute ini, seperti diwartakan Allkpop, Sabtu (30/1/2021). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Banyak yang Berempati

"Aku membuka diri soal kondisiku untuk pertama kalinya pada tahun lalu, dan banyak orang yang memberiku semangat. Ada banyak orang yang berempati kepadaku, dan mengatakan bahwa mereka merasakan hal yang sama denganku," tuturnya. 

3 dari 5 halaman

Berpikir Baik-Baik Saja

HyunA mengatakan saat aktif di dunia hiburan sebelum ini, ia sempat tak mempedulikan kondisinya. "Karena aku sangat suka menari di atas panggung, aku terus berpikir bahwa aku baik-baik saja. Aku berpikir, 'Oh aku enggak apa-apa. Padahal kenyataannya tidak," ujarnya. 

4 dari 5 halaman

Semakin Baik

Saat hiatus, Hyuna mulai belajar untuk menghadapi kondisinya ini. "[Selama hiatus], aku mencoba berlatih lebih banyak dan membangun staminaku, serta memperhatikan kesehatanku. Sekarang kurasa aku sudah lebih baik, bahkan aku bisa melawannya sendiri," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Depresi dan Gangguan Panik

Tahun lalu, HyunA mengungkap kondisinya ini dalam sebuah surat terbuka yang ia unggah pada November 2019. Selain Vasovagal Syncope, ia juga mengungkap bahwa dirinya didiagnosis dengan depresi dan gangguan panik. 

"Aku adalah seseorang yang selalu tangguh, jadi aku tidak bisa percaya diagnosis depresi dan gangguan panik. Aku tidak mempercayainya selama setahun," kata Hyuna.

Ia menambahkan, "Aku akan tetap dengan berani mencoba untuk sehat, tapi orang tak bisa jadi sempurna. Aku rasa ini belum terlambat dan aku akan mencintai dan menjaga diriku sendiri. Aku akan terus jujur dan berani seperti sekarang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.