Istri Ryan Delon Nangis Begitu Dengar Sang Suami Bintangi June dan Kopi

Oleh Ratnaning Asih pada 27 Jan 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 20:30 WIB
Sharena dan Ryan Delon
Perbesar
Awalnya Ryan Delon tak berniat untuk membintangi film ini. Semua berubah setelah ia mendengar isi cerita film June dan Kopi.(Instagram/mrssharena)

Liputan6.com, Jakarta Kalau jodoh tak akan ke mana, tampaknya ungkapan ini pas untuk menggambarkan hubungan aktor Ryan Delon dengan film June dan Kopi (judul resmi ditulis sebagai June & Kopi). Ia bercerita, awalnya sedang ingin rehat dari dunia akting saat mendapat tawaran untuk bergabung dalam film ini. 

"Saya yakin enggak bakal ngambil film ini karena saya mau istirahat. Tapi akhirnya kita meeting, 'Ini film tentang apa, sih?' 'Tentang anjing'," tutur Ryan Delon menirukan percakapannya kala itu, dalam koferensi pers daring yang digelar Netflix baru-baru ini. 

Sontak saja pria penyayang anjing ini berubah pikiran. 

2 dari 5 halaman

Istri Nangis

Cuplikan adegan June & Kopi (Netflix)
Perbesar
Cuplikan adegan June & Kopi (Netflix)

Setibanya di rumah, sang istri bertanya untuk memastikan apakah Ryan Delon memang tak mengambil proyek film itu. 

"'Kamu tahu kan, ada film yang enggak mungkin aku tolak'," kata Ryan Delon menjawab pertanyaan istrinya. Begitu mendengar kabar bahwa film ini bercerita tentang anjing, justru sang istri sangat bersemangat. 

"Soal anjing? Waaah, semua teriak. Istri sampai nangis," ia menambahkan. 

3 dari 5 halaman

Bikin Semangat

June (putih) dan Kopi (hitam). (Netflix)
Perbesar
June (putih) dan Kopi (hitam). (Netflix)

Ryan Delon mengatakan ia begitu bersemangat dengan proyek ini, karena film dengan genre ini sangat jarang dibuat di Indonesia. Berbeda dengan perfilman di luar negeri.

"Dan di luar negeri itu keberadaan (anjing) sudah biasa. Bukan sekadar pet, tapi bagian dari keluarga, itu hal yang umum. Nah makanya saya senang sekali di Indonesia untuk pertama kalinya ini, film yang mengangkat topik ini," ujarnya. 

4 dari 5 halaman

Mengubah Stigma

Poster June dan Kopi. (Netflix)
Perbesar
Poster June dan Kopi. (Netflix)

Harapan Ryan Delon, film ini nantinya bisa memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap anjing, terutama bagi masyarakat Indonesia. Ia menilai masih banyak orang yang salah kaprah dengan anjing, contohnya pitbull yang dianggap sebagai ras yang galak. Ia lantas mencontohkan salah satu anjing yang ikut bermain dalam film ini.

"Kopi itu mixed-pitbull dan dia itu sweet sekali," kata dia. "Tergantung dog owner-nya. Kalau anjing itu menjadi ada yang salah, itu bukan salah anjingnya, tapi salah dog owner-nya. Itu yang pengin kita kasih edukasi," kata dia. 

Ia berharap film ini nantinya mengubah stigma buruk tentang anjing. "Enggak perlu sayang atau memelihara. Minimal enggak benci, enggak jahat dengan anjing. Karena anjing pasti enggak jahat sama manusia," kata dia. 

5 dari 5 halaman

Sinopsis June dan Kopi

June dan Kopi sendiri berkisah tentang June, seekor anjing liar yang diselamatkan oleh Aya (Acha Septriasa) dari jalanan. Meski sempat ditentang oleh sang suami (Ryan Delon), June yang memiliki sebuah trauma akhirnya diterima menjadi anggota keluarga. 

Saat pasangan ini akhirnya memiliki anak dan mengalami kejadian buruk, June harus belajar untuk bangkit dari traumanya. 

Film ini akan ditayangkan oleh Netflix pada 28 Januari mendatang secara global. 

Lanjutkan Membaca ↓