Acha Septriasa Merasa Terintimidasi Ketemu Anjing Pintar di June dan Kopi

Oleh Ratnaning Asih pada 27 Jan 2021, 12:40 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 12:40 WIB
Adegan June & Kopi. (Netflix)
Perbesar
Salah satu adegan June dan Kopi yang diingat Acha Septriasa adalah saat ia sedang menggantikan popok bayi dan meminta salah satu anjing membuang yang kotor. (Netflix)

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah punya jam terbang tinggi di dunia akting, Acha Septriasa ternyata tetap saja bisa terintimidasi oleh lawan mainnya. Uniknya lagi, ia bukan beradu akting dengan manusia, melainkan dengan anjing. Hal ini terjadi saat ia terlibat dalam proyek film June dan Kopi (ditulis dengan judul resmi June & Kopi). 

Hal ini ia sampaikan dalam konferensi pers dan wawancara daring yang digelar Netflix pada Senin (25/1/2021) kemarin. 

Awalnya, Acha mengaku sejak awal terpukau dengan kemampuan anjing dalam film ini—yang memang bernama June dan Kopi—dalam mengikuti perintah trainer dan berakting di depan kamera. 

2 dari 5 halaman

Selalu Siap

June (putih) dan Kopi (hitam). (Netflix)
Perbesar
June (putih) dan Kopi (hitam). (Netflix)

"Selama bulan Juli aku reading, aku begitu amazed dengan June dan juga Kopi, yang awalnya memang kelihatan kaget dan malu-malu waktu aku mendekati mereka. Tapi setelah itu, dari scene by scene yang kita lakukan, dia kayak ready dengan scene apa pun yang akan kita suguhkan," kata Acha. 

3 dari 5 halaman

Merasa Terintimidasi

Adegan June & Kopi. (Netflix)
Perbesar
Adegan June & Kopi. (Netflix)

Salah satu adegan yang diingat Acha adalah saat ia berakting mengganti popok bayi dan memberikan yang kotor kepada June. Si anjing kemudian membuangnya ke tong sampah. 

"Itu di hari pertama aku syuting film itu, bener-bener mereka sudah hafal dengan rutinitas selama dua bulan ini yang mereka latih. Jadi aku merasa terintimidasi banget sebagai pemain. Kayak, 'Wow mereka lebih hafal daripada aku'," kata Acha sembari tertawa. 

4 dari 5 halaman

Dilatih 2-3 Bulan

Konferensi pers daring June & Kopi. (Netflix)
Perbesar
Konferensi pers daring June & Kopi. (Netflix)

Noviandra Santosa, sang sutradara film ini, menceritakan bahwa anjing dalam film ini sebenarnya merupakan hasil adopsi dari penampungan anjing. 

"Mereka (anjing dalam film) itu pertamanya dicari. Pas punya naskah, based on that naskah, kita nyari anjing dari shelter-shelter dan rescue-rescue. Yang memang cocok untuk karakter ini, kita adopsi, lalu langsung kita latih untuk film," tutur Novi.

Pelatihan anjing ini pun terbilang cukup singkat. "Mereka dilatih selama kurang lebih 2-3 bulan untuk bisa jadi pemain film. June itu pas kita dapat baru umur setahun, sekarang hampir tiga tahun. Kopi pertama kali didapat umur lima tahun, dan sekarang sudah cukup tua, tujuh tahun," kata dia. 

5 dari 5 halaman

Sinopsis June dan Kopi

Poster June dan Kopi. (Netflix)
Perbesar
Poster June dan Kopi. (Netflix)

June dan Kopi sendiri berkisah tentang June, seekor anjing liar yang diselamatkan oleh Aya (Acha Septraiasa) dari jalanan. Meski sempat ditentang oleh sang suami (Ryan Delon), June yang memiliki sebuah trauma akhirnya diterima menjadi anggota keluarga. 

Saat pasangan ini akhirnya memiliki anak dan mengalami kejadian buruk, June harus belajar untuk bangkit dari traumanya. 

Film ini akan ditayangkan oleh Netflix pada 28 Januari mendatang secara global. 

Lanjutkan Membaca ↓