Sukses

Bintang Emon Curhat Soal Berat di Ongkos, Bayar Utang Rp 10 Ribu Kena Biaya Transfer 6.500 Rupiah

Senin (25/1/2021), Bintang Emon curhat soal bayar utang 10 ribu rupiah kena biaya transfer 6.500 rupiah. Anda pernah mengalaminya?

Liputan6.com, Jakarta - Di akun Twitter-nya yang diikuti 1,4 juta orang, Bintang Emon kerap mengunggah video monolog uneg-uneg maupun status teks merespons kasus aktual di tengah masyarakat.

Bintang film Milly & Mamet mengulas isu berat hingga yang “sepele” namun kerap dialami masyarakat. Salah satunya, soal biaya transfer uang antarbank.

Itu dilontar komika yang kerap disapa Gusti Bintang pada Senin (25/1/2021). Twit soal transfer uang antarbank ini dicuit ulang lebih dari seribu kali dan disukai 15 ribuan orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perihal Utang Rp 10 Ribu

Pernah gue ngutang 10rb, pas mau transfer eh taunya beda bank, masa balikinnya pake ada 6500 nya?” ungkap komika kelahiran Jakarta, 5 Mei 1996. Duit 6.500 rupiah terkesan sedikit.

Ia membayangkan transfer berulang kali. “Kalo 10x udah 65rb, duit segitu kalo dipake cukur udah bisa sampe 6 kali gondrong. Utang gua bukan berat dibayar tapi berat diongkos,” imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Biaya Transfer dan WC Umum

Sejumlah selebtwit merespons keluhan Bintang Emon. Kristo Immanuel, misalnya membandingkan biaya transfer 6.500 dengan uang pecahan 2.000 rupiah yang dipakai untuk membayar jasa WC umum.

Biaya transfer 6500 emang bikin pedih, 2.000 aja dapet kencing di WC umum, lah ini 6500 masa cuma dapat ‘selamat, transfer berhasil,’” selorohnya via akun yang diikuti 300 ribuan orang.

 

4 dari 5 halaman

Enggak Temanan Lagi

Bayu Joo lewat akun yang diikuti sejuta orang lebih ikut berpendapat. “Tapi lu punya temen ngga yang kalo bayar utang dipotong 6.500 buat biaya admin? Gue punya, abis itu ngga temenan lagi,” katanya dilansir dari siaran media yang diterima Showbiz Liputan6.com, Selasa (26/1/2021).

Topik simpel ini menarik perhatian warganet lain. Di fitur reply lebih dari 800 orang menimbrung dengan reaksi beragam. Beberapa di antaranya menyinggung teknologi finansial. Seperti diketahui, sejumlah aplikasi fin-tech menjanjikan bebas biaya transfer bagi pengguna. 

5 dari 5 halaman

Perbanyak Salat dan Mengaji

Ada pula warganet yang mencoba mencairkan suasana dengan bercanda perihal utang. “Kalo ngutang, gue banyak2in solat ngaji, biar bayarnya pake pahala tar di akhirat,” celoteh @ainunroz.

Akun @mrafly__ curhat serius, “Sering dimintatolongin temen yg males ke atm gara-gara gua punya mbanking tiap tf kepotong 6.500. Dia kalo ngembaliin selalu pas gapernah ke itung tu potongan, kalo sekali dua kali mah gapapa tp kalo terus terusan kan asu. Pantes gua miskin.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.