Sukses

RM BTS Tembus Skor TOEIC 915, Kok Masih Merasa Dirinya Payah?

RM BTS mendapat skor tinggi untuk tes TOEIC, tapi ia malah kecewa. Kenapa, Namjoon?

Liputan6.com, Seoul - Di masa awal promosi BTS di Amerika Serikat, RM kerap tampil paling depan. Tak hanya karena ia memegang peran sebagai leader, tapi juga karena kemampuan bahasa Inggrisnya terbilang yang paling baik. 

Nah, pria bernama asli Kim Namjoon ini rupanya sempat penasaran dengan tingkat kemampuan bahasanya. Ia kemudian mengikuti tes TOEIC pada musim panas tahun lalu. 

Hal ini diungkapkan arti Big Hit Entertainment tersebut dalam sesi VLive baru-baru ini. Ia juga mengungkap skor yang diraihnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Skor 915

"Berapa skor TOEIC-ku? Berapa ya... 900, oh 915. Aku dapat 915," tuturnya dalam tayangan ulang sesi live streaming tersebut. 

Skor ini jelas terbilang tinggi, karena batas paling atas untuk TOEIC adalah 990. 

3 dari 5 halaman

Masih Merasa Lemah

Meski mendapat skor tinggi seperti ini, RM justru mengeluh bahwa dirinya masih payah dalam pertanyaan bacaan, atau reading section.

"Aku dapat 915, dan aku jelek banget di bagian bacaan. Aku pasti sangat lemah dalam bagian membaca," kata dia. 

Namun setidaknya ia mengaku berhasil mengerjakan soal bagian mendengar dengan baik. "Sebagian besar soal mendengar kujawab dengan benar," kata dia. 

4 dari 5 halaman

Tidak Seperti Robot

Pria 26 tahun ini kembali merendah soal kemampuan berbahasa Inggris-nya.

"Orang berpikir aku bisa berbahasa Inggris dengan sangat lancar seperti robot, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Saat aku membaca artikel berbahasa Inggris aku menyerahkannya kepada Papago. Aku meminta Papago membacakannya, jadi kemampuan bacaku mungkin melemah," kata dia, menyebutkan sebuah situs dan aplikasi translasi di Korea.

5 dari 5 halaman

Dikagumi Penggemar

"Mungkin ada anak pintar yang bilang, 'TOEIC kan gampang' dan memandangku remeh. Aku sempat kecewa, tapi setidaknya aku dapat skor di atas 900," kata dia. 

RM boleh saja kecewa, tapi penggemar justru mengagumi kerja kerasnya. Apalagi, diwartakan Koreaboo, rata-rata skor TOEIC di Korea Selatan adalah 675. 

Bravo, RM!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.