Sukses

Skandal Aktris Mandarin Zheng Shuang, Dituding Minta Ibu Pengganti Gugurkan Anaknya

Keadaan makin runyam ketika beredar rekaman audio yang diduga merupakan suara Zheng Shuang dan Zhang Heng, serta orangtua masing-masing.

Liputan6.com, Beijing - Aktris top China Zheng Shuang mendadak jadi omongan publik. Ia dituding menelantarkan, bahkan meminta ibu pengganti atau surrogate mother untuk menggugurkan anaknya. 

Diwartakan Koreaboo dan South China Morning Post, Rabu (20/1/2021), tudingan ini bermula dari pengakuan mantan Zheng Shuang, produser Zhang Heng.

Lewat Weibo, media sosial China, Zhang Heng awalnya memaparkan bahwa ia sudah tak tahan lagi dengan rumor dan komentar jahat yang dialamatkan kepadanya.

Ia lantas mengunggah selentingan di media sosial yang menyebut dirinya meminjam uang tanpa bayar, termasuk dengan menggunakan nama Zheng Shuang, dan kabur ke Amerika Serikat untuk menghindari utang-utangnya ditagih. 

"Aku bersumpah, tidak pernah melakukan semua itu. Aku ada di Amerika Serikat, tapi alasannya aku ada di sini selama lebih dari setahun adalah menjaga dua anak yang tak berdosa. Tinggal di Amerika Serikat adalah satu hal yang tak bisa kuhindari," kata dia. Ia juga menampilkan foto bersama kedua anaknya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dua Anak

Setelahnya, sahabat Zhang lantas mengunggah dokumen ke platform NetEase Entertainment, menujukkan tanggal kelahiran kedua bocah ini yang jarak antar-persalinan sangat dekat. Dalam dokumen ini, nama sang aktris disebut sebagai ibunya. 

Yang pertama adalah seorang anak laki-laki yang lahir pada 19 Desember 2019 di Colorado, dan anak perempuan kelahiran 4 Januari 2020 di Nevada. 

3 dari 5 halaman

Data dalam Dokumen

Belum dikonfirmasi apakah anak ini benar-benar buah hati Zheng Shuang. Namun detail dalam dokumen ini, persis dengan data diri miliknya dan Zhang Heng. 

Keduanya juga dijadwalkan untuk hadir dalam sidang yang umumnya beragendakan perceraian, atau hak pengasuhan anak.

4 dari 5 halaman

Minta Ibu Pengganti Gugurkan Kandungan?

Keadaan makin runyam ketika beredar rekaman audio yang diduga merupakan suara Zheng Shuang dan Zhang Heng, serta orangtua masing-masing. Suara yang diduga milik orangtua Zheng Shuang, mendesak agar kedua bayi yang saat itu masih dikandung, untuk diadopsi orang lain atau bahkan digugurkan saja. Kala itu, rupanya hubungan pasangan ini diketahui sudah bubar. 

"Kita benar-benar enggak bisa mengaborsi bayi-bayi ini? B*n**at, menyebalkan sekali," tutur suara yang diduga milik Zheng Shuang. 

"Kalau tidak bisa diadopsi, berikan saja untuk diadopsi," ujar suara yang diduga milik ayah Zheng Shuang. 

5 dari 5 halaman

Reaksi Zheng Shuang

Karena serentetan unggahan ini, telunjuk warganet mengarah kepada Zheng Shuang. Ia dikecam karena dituding menelantarkan, bahkan mendorong bayinya digugurkan. 

Bintang Love O2O ini sendiri telah merespons skandal ini via Weibo miliknya. Ia mengatakan hal tersebut adalah masalah pribadi, dan selama ini tengah berupaya menyelesaikan kasus ini secara hukum di Amerika Serikat. 

"Di tanah China, aku tak melanggar aturan negara. Di luar negeri, aku menghormati semua aturan yang berlaku, tulisnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.