Sukses

Selain Nancy Momoland, 4 Artis Korea Ini Jadi Korban Kamera Tersembunyi

Nancy Momoland ternyata tak sendirian. Sudah ada beberapa insiden kamera tersembunyi yang menimpa artis Korea lainnya.

Liputan6.com, Seoul - Sebuah foto Nancy Momoland yang baru-baru ini beredar di media sosial membuat amarah para penggemar memuncak. Pasalnya foto tersebut merupakan foto yang diambil secara diam-diam, saat Nancy Momoland tengah berganti pakaian. 

Dilansir dari Koreaboo, Senin (11/1/2021), foto ini diambil saat sang pelantun "Boom Boom" menjadi MC di acara Asia Artist Awards 2019 di Vietnam. Tak hanya itu, foto ini juga diedit sedemikian rupa. 

Agensi Nancy Momoland, MLD Entertainment, tak tinggal diam atas insiden ini. Pihak agensi berikrar membawa kasus ini ke ranah hukum, tanpa toleransi. 

Nancy Momoland ternyata tak sendirian. Sudah ada beberapa insiden serupa yang menimpa artis Korea lainnya. Siapa saja mereka? Liputan6.com merangkum sejumlah insiden yang sempat ketahuan oleh publik. Semoga saja tak ada korban kamera tersembunyi lain ke depannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Yoon Bomi

Saat syuting Pocha Beyond Borders pada September 2018, sebuah kamera tersembunyi ditemukan di kamar tempat Bomi Apink dan aktris Shin Se Kyung menginap. Kamera ini disamarkan dalam bentuk charger portabel. 

Parahnya, pelakunya adalah salah satu staf outsorcing dari penyelenggara acara ini. Beruntung, tak ada rekaman yang berhasil didapatkan.

Diwartakan Soompi, pelakunya dihukum penjara 1,5 tahun, dengan masa percobaan tiga tahun. Artinya, bila dalam masa percobaan tersebut pelaku kembali melakukan tindak kriminal, barulah ia masuk penjara. 

3 dari 5 halaman

2. Shin Se Kyung

Seperti dinyatakan dalam poin di atas, tak hanya Yoon Bomi yang menjadi korban kamera tersembunyi ini, tapi juga Shin Se Kyung. Bahkan justru bintang Run On ini yang menemukan kamera terselubung tersebut. 

Saat konferensi pers Pocha Beyond Borders, Shin Se Kyung sempat angkat suara soal insiden ini. 

Shin Se Kyung menyatakan masyarakat Korea semestinya lebih sadar terhadap isu ini. "Aku harap kita bisa secepatnya menjadi masyarakat di mana pelakunya bisa mendapat hukuman berat di mata hukum, dan korbannya benar-benar mendapat perlindungan di bawah hukum," ujarnya kala itu. 

4 dari 5 halaman

3. Laysha

Laysha, girl group yang debut pada 2015, rupanya berkali-kali menjadi korban kamera tersembunyi. Hal ini mereka ungkap dalam unggahan di Instagram pada 2018. Salah satu anggota grup ini, Goeun, mengatakan kameranya diletakkan di mana-mana, 

"Ada di ruang loker agensi kami, di mobil, di rumahku, Aku tak tahu kapan kamera kecil itu dipasang, tapi siapa pun yang melakukannya harus ditangkap," ujarnya. 

Hanya saja, setelah mengatakan ini para anggota Laysha justru dianggap berupaya mendongkrak popularitas. Namun Goeun membantah keras tuduhan ini, dan menyayangkan mengapa korban justru disakiti dua kali dengan anggapan seperti ini.

5 dari 5 halaman

4. G-Friend

Bila insiden kamera tersembunyi para artis lain terjadi di wilayah privat, yang dialami GFriend justru terjadi di depan umum. Soompi mewartakan pada 2017 silam, bahwa seorang penggemar datang ke acara fansign Gfriend di Seoul dengan mengenakan kacamata yang memiliki kamera tersembunyi di dalamnya. 

Yuju GFriend-lah yang menyadari hal ini. Satu demi satu anggota GFriend ikut menyadari hal ini, dan akhirnya sang penggemar ditegur oleh Yerin. 

Sang penggemar berkilah bahwa dalam acara tersebut pengambilan foto atau video tak dilarang. Namun di sisi lain, hal ini menjadi kontroversi karena kejahatan terkait kamera tersembunyi di Korea kian menanjak. Wanita kerap menjadi korban dan direkam secara tak pantas.

Sang penggemar yang bermasalah ini kemudian diperingatkan dan diusir dari lokasi acara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.