Sukses

Anji Ikut Bersuara Mengenai Pemakaian Face Shield Para Artis: Satgas Covid-19 Harus Beri Edukasi

Anji menekankan agar rekan-rekan artis selalu disiplin menjalani protokol kesehatan meski sedang tampil di televisi.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Anji menuliskan sebuah pesan yang ia tujukan kepada teman-teman artis Indonesia terkait pemakaian face shield dan masker. Ia menekankan agar rekan-rekan artis selalu disiplin menjalani protokol kesehatan meski sedang tampil di televisi.

Pesan itu ia sampaikan melalui unggahan di Instagram pada Senin (11/1/2021). Dalam unggahannya, ia juga menunjukkan sepucuk surat peraturan yang ditetapkan KPI terkait penggunaan masker dan face shield saat tampil di televisi.

"DEAR TEMAN-TEMAN ARTIS YANG TAMPIL DI TV, sekarang sudah ada hal seperti ini. Artinya, kita bisa ditegur oleh @kpipusat berdasarkan arahan @satgascovid19.id jika mengenakan faceshield tanpa masker," tulis Anji mengawali unggahannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengerti

Anji sendiri memahami posisi para artis yang terkadang sulit menolak permintaan televisi terkait penggunaan face shield di TV.

"Saya sangat mengerti, kadang seorang Artis merasa bingung menolak ketika diminta tim kreatif/manajemen TV. Atau merasa ya sudah lah, gak papa kok pake faceshield toh bisa sebagai aksesoris. Tapi bisa berikan artikel ini. Karena yang ditegor adalah Artisnya. Bukan TV-nya, bukan programnya. Tapi Artisnya," sambung Anji.

 

3 dari 4 halaman

Edukasi

Di sisi lain, Anji juga menyarankan kepada KPI serta Satgas Covid-19 untuk juga mengedukasi stasiun televisi, tidak hanya kepada para artisnya saja. Selain itu, Anji juga menyarankan untuk lebih memperjelas peraturan tentang masker dan face shield sehingga tidak menimbulkan perbedaan persepsi.

"Masukan dari saya untuk @kpipusat & @satgascovid19.id , yang harus diedukasi tentang ini adalah pihak TV-nya. Saya memakai faceshield karena alasan yang saya tulis sebelum postingan ini. Tapi banyak Teman Artis di TV yang karena diminta pihak TV demi hal-hal yang juga saya sebutkan. Tolong jika ada yang ditegur, tidak sampai mengakibatkan pekerjaannya di-stop," beber Anji lagi.

 

4 dari 4 halaman

Berdiskusi

Terakhir, Anji mengingatkan kepada para artis serta pihak tim kreatif untuk selalu berdiskusi dengan baik sebelum mengisi sebuah acara. Khususnya tentang kebijakan mengenakan masker dan face shield tersebut.

"Oke, jadi sekarang jika tampil di TV bisa didiskusikan dengan baik dengan tim kreatif, untuk tidak mengenakan faceshield tanpa masker. Atau memakai masker di awal dan akhir sebelum bicara/tampil. Atau sekalian tidak pakai masker, tapi dengan edukasi bahwa semua di lokasi shooting sudah aman secara kesehatan," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.