Sukses

6 Fakta Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Kakak Kelas Arie Untung Semasa SMA

Kapten Afwan atau Capt Afwan mendadak trending di jagat maya. Ia merupakan pilot maskapai Sriwijaya Air SJ 182.

Liputan6.com, Jakarta - Kapten Afwan atau Capt Afwan mendadak trending di jagat maya. Ia merupakan pilot maskapai Sriwijaya Air SJ 182. Pesawat terbang dengan rute Jakarta-Pontianak ini hilang kontak tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Banten.

Sriwijaya Air hilang kontak Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB. Sejumlah sumber menyebut, pesawat hilang kontak sekitar empat menit setelah take-off. Lokasi berada di sekitar Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. 

Salah satu kru yang ada dalam penerbangan tersebut adalah Kapten Afwan. Nama Kapten Afwan atau Capt Afwan menjadi sosok paling dibicarakan di media sosial. Tak sedikit warganet yang mengenalnya, menyebut beliau adalah orang yang sangat baik dan ramah.

Berikut, 6 fakta mengenai Kapten Afwan, pilot maskapai Sriwijaya Air SJ 182 yang saat ini sedang dalam pencarian tim SAR, yang dirangkum Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Gemar Menggunakan Peci Putih

Salah satu rekan Kapten Afwan memberi kesaksian tentang sosok sang pilot. Ayah tiga anak ini dikenal sebagai orang yang menjaga ibadahnya. Peci berwarna putih juga menjadi ciri khas Kapten Afwan.

"Dermawan bgt lagi orangnyaLoudly crying face dan selalu identik dengan kopyah putihnya. Safeflight to jannah capt Smiling face with halo #SJ182," tulis Rizki Anob, rekan Kapten Afwan, di akun Twitternya, Sabtu (9/1/2021).

3 dari 7 halaman

2. Penyabar

Di mata rekan-rekannya, Kapten Afwan dikenal sebagai orang yang sangat ramah dan penyabar. "Capt Afwan salah satu capt terbaik yang pernah saya kenal. Tidak pernah rewel walaupun pesawat ada rusak dia bilang ke teknik dengan baik dan sabar," Rizki Anob menambahkan.

4 dari 7 halaman

3. Dipanggil Ustaz

Ada pula seorang engineer Sriwijaya Air yang turut memberi kesaksian tentang sosok Kapten Afwan. Dalam keseharian, ia suka dipanggil ustaz.

"Capt Afwan orangnya baik, sering dipanggil pak ustaz, tiap landing past menyempatkan salat berjamaah. Sering sedekah sama orang-orang ground dan orang-orang yang ikut salat jamaah bareng dia," tulisnya.

5 dari 7 halaman

4. Kakak Kelas Arie Untung

Kapten Afwan ternyata adalah kakak kelas Arie Untung saat SMA. Hal ini diungkap langsung oleh suami Fenita Arie tersebut di Instagram pribadinya. Mereka satu almamater meski berbeda angkatan.

"Kakak kelas di SMA. Pilot #sj182 Capt H Afwan ternyata adalah kakak kelasku di @sman38.jakarta angkatan 85. Beda jauh angkatannya, belum sempat ketemu tapi banyak kisah2 baik mengenai beliau" tulisnya pada Minggu (10/1/2021).

6 dari 7 halaman

5. Rajin Salat

Kapten Afwan juga tak meninggalkan salat lima waktu meski sedang bertugas. "Kalau mau terbang lari dulu ke musholla utk sholat. Ga bersentuhan sama yg bkn mahrom karena sdng menjaga wudhu. Sering sedekah ke karyawan porter silakan digeser kabarnya status terakhir wa nya adalah sebuah pengingat buat banyak orang," tulis Arie Untung lagi.

7 dari 7 halaman

6. Pesan yang Viral

Arie untung lalu mengunggah status yang kabarnya ditulis oleh sang pilot mengenai salat, yang kemudian ramai jadi perbincangan publik. Pesan itu berbunyi, "Setinggi apa pun aku terbang, tidak akan mencapai surga bila tidak salat 5 waktu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.