Sukses

6 Fakta Pemeriksaan Gisel di Polda Metro Jaya, Dicecar 49 Pertanyaan Selama 11 Jam Hingga Gemetaran

Gisella Anastasia alias Gisel menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jumat (8/1/2021). Ada sejumlah fakta menarik dari proses hukum ini.

Liputan6.com, Jakarta Gisella Anastasia alias Gisel menjalani pemeriksaan intensif di Polda Metro Jaya, Jumat (8/1/2021). Mantan istri Gading Marten diperiksa mulai jam 9 pagi dan berakhir pukul 8 malam.

Semula, Gisel dijadwalkan menjalani pemeriksaan Senin (4/1/2021) bareng dengan Michael Yukinobu Defretes, lawan mainnya dalam video syur berdurasi 19 detik yang viral di medsos.

Dicecar dengan puluhan pertanyaan di Polda Metro Jaya bukan hal mudah bagi Gisel. Laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum 6 fakta di balik pemeriksaan bintang film Cek Toko Sebelah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Swab Test Sebelum Diperiksa

Di hadapan awak media, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombespol Yusri Yunus, mengonfirmasi kedatangan Gisel yang tampil modis dengan kemeja putih berbalut jaket denim.

“GA sudah hadir dan sudah kita lakukan protokol kesehatan dengan di-swab, hasilnya non-reaktif,” ujarnya. Hari yang sama, Gisel mendapat dukungan Wijin. “God is within her, she will not fall #psalm46v5 #fullsupport,” cuitnya di akun Instagram.

 

3 dari 7 halaman

2. Diperiksa 11 Jam

Pemeriksaan berjalan mulus. Yusri menyebut, “Yang bersangkutan hadir jam 09.00 WIB, pukul 20.00 WIB. Kita kembalikan, kita tidak lakukan penahanan. Kenapa? Ini adalah hak dan kewenangan penyidik.”

Durasi pemeriksaan yang lama mengingatkan publik pada yang dialami Michael Yukinobu Defretes. Pebasket itu diperiksa sekitar 11 jam lalu diizinkan pulang.

 

4 dari 7 halaman

3. Bombardir 49 Pertanyaan

Datang ke Polda Metro Jaya, ibu satu anak ini tak sendiri. Gisel dikawani pengacaranya, Shandy Arifin. Keduanya enggan membahas persiapan jelang pemeriksaan. Tak ada pernyataan detail usai pemeriksaan.

Yusri-lah yang menjelaskan kepada awak media yang terjadi selama memeriksaan. “Ada 49 pertanyaan yang kami atau penyidik tanyakan pada tersangka, semuanya bisa dijawab,” ia membeberkan.

 

5 dari 7 halaman

4. Minta Maaf Lagi ke Publik

Meski enggan menjelaskan apa yang dialaminya selama pemeriksaan, Gisel masih berkenan buka suara. Yang keluar dari bibirnya, permohonan maaf kepada masyarakat.

“Sekali lagi saya mau menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari lubuk hati paling dalam, maaf untuk seluruh masyarakat Indonesia, untuk pihak terkait,” ucap Gisel.

 

6 dari 7 halaman

5. Dua Penyebab Tak Ditahan

Yusri menerangkan penyebab Gisel tak ditahan. Pertama, alasan kemanusiaan. Gisel punya anak berusia di bawah 5 tahun yang butuh bimbingan orangtua. Kedua, Gisel kooperatif.

“Ada di pasal 21 ayat 1 di UU KUHP, juga pasal 21 ayat 4. Pertimbangannya adalah, pertama pasal 21 ayat 1 memang di situ bisa dilakukan penahanan apabila dia menghilangkan barang bukti, melarikan diri, tidak kooperatif,” urainya.

 

7 dari 7 halaman

6. Gemetaran Habis Diperiksa

Usai diperiksa, Gisel tampil di sebuah acara televisi. “Saya pikir saya enggak ke sini hari ini, Pak,” ungkapnya kepada Raffi Ahmad dan Vicky Prasetyo yang memandu acara.

Ditanya soal kondisinya saat ini, ia menjawab ringkas, “Baik. Masih gemetaran.” Vicky yang penasaran balik tanya, “Gemataran kenapa?” “Ini baru pulang dari Polda,” Gisel menyahut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.