Sukses

Olivia Zalianty Terinspirasi Pemikiran Bung Karno, Kerap Menyimak Ide dan Gagasan Melalui Buku

Olivia Zalianty mengaku menyuki cara berpikir Soekarno atau karib disapa Bung Karno. Sosok Proklamator yang kharismatik dan berdedikasi juga menginspirasi dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Olivia Zalianty menjelma menjadi artis yang ingin banyak tahu mengenai sejarah Indonesia. Kali ini, ia mencoba mendekatkan diri kepada sosok Soekarno atau Bung Karno. Sang proklamator yang memiliki ide serta pemikiran brilian, sangat menginspirasi Olivia Zalianty.

Perempuan yang baru saja mengumumkan pensiun sebagai atlet wushu tengah menyelami ide dan pemikirian Bung Karno melalui buku. Saat ini, adik Marcella Zalianty begitu tertarik membaca dan menggali lebih banyak mengenai Bung Karno melalui buku.

Buku seperti Sewindu Bersama Bung Karno, yang ditulis oleh mantan ajudan Presiden pertama Republik Indonesia, Bambang Widjanarko, menjadi bahan bacaan Olivia Zalianty. Ia juga menghabiskan waktunya membaca buku berjudul Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat yang ditulis Cindy Adams, dan buku Indonesia Menggugat.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kagum

"Dari membaca itulah saya kagum terhadap sosok Bung Karno. Meski tindakan dia di sisi lainnya memunculkan kontroversi, tapi itulah manusia," kata pemain film Makrifat Cinta dan mini seri Ada Apa dengan Cinta ini melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (2/1/2021).

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Perbandingan

"Bagaimana tidak kagum usia 21 tahun Bung Karno dan kawan-kawan sudah bisa menyatukan 17 ribu pulau menjadi Indonesia. Bayangkan sekarang ini, usia segitu generasi muda masih asyik bermain TikTok," Olivia Zalianty menyesalkan.

 

4 dari 5 halaman

Kontribusi Membangun Negeri

Inspirasi yang didapatkan Olivia Zalianty dari Bung Karno kemudian menuntunnya untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara. Melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya yang didirikannya, Olivia Zalianty mengajak sejumlah tokoh berkiprah dalam pembangunan lingkungan dan budaya.

Tokoh yang saat ini bergabung dengan Olivia Zalianty yakni Jimly Ashiddiqie dan seniman Raja Asdi. Mereka fokus menata pengelolaan lingkungan di Indonesia.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Bertemu Megawati Soekarnoputri

"Tahun ini kegiatan di luar ruang saya kurangi karena pendemi corona. Pada Mei lalu, kami menggelar acara Konser Amal Berbagi Kasih Virtual bersama Bimbo. Kala itu Bimbo menciptakan dan menyanyikan lagu ciptaan terbarunya berjudul Corona. Sebelum tayang kami sowan ke Ibu Megawati Soekarnoputri, meminta beliau berkenan menyampaikan sambutan. Alhamdulillah disambut baik dan beliau mau memberikan sambutan," Olivia Zalianty menyampaikan.

Dalam pertemuan itu, artis berdarah Jawa-Tionghoa ini sempat mengutarakan kekagumannya terhadap Bung Karno kepada kepada Megawati Soekarnoputri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.