Sukses

Ericko Lim dan 6 YouTuber Ini Bikin Gempar 2020, Ada yang Lelang Keperawanan untuk Korban Covid-19

Selamat Tahun Baru. Hari pertama di 2021, kami ajak Anda mengilas balik sejumlah YouTuber yang bikin gempar sepanjang tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang menyebut 2020 kelabu akibat pandemi Covid-19. Tak sedikit yang menganggap tahun ini sarat kehebohan. Salah satunya dipicu ulah sejumlah YouTuber Tanah Air. Ericko Lim, misalnya.

Juli 2020, Showbiz Liputan6.com mewartakan Listy Chan disebut penyebab hancurnya jalinan asmara Ericko Lim dan Jessica Jane. Foto Ericko Lim melakukan mirror selfie sambil merangkul serta mencium kening Listy Chan viral.

Tak lama setelahnya, EVOS eSports mengakhiri kontrak dengan Listy Chan sebagai pemain profesional divisi ML Ladies. YouTuber Ericko Lim bukan satu-satunya yang bikin geger jagat maya. Siapa saja?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Hasanjr11

YouTuber yang diikuti 5 juta orang lebih ini membagikan uang 10 juta rupiah dengan syarat calon penerima harus membatalkan puasa Ramadan. Akibatnya, Hasanjr11 dimaki warganet. Sadar kontennya memantik kontrovesi, ia minta maaf lewat akun Instagram, Selasa (28/4/2020).

“Saya hasanjr11, saya mau minta maaf ke seluruh masyarakat atas salah satu video YouTube saya yang tidak pantas. Saya mengakui kalau itu 100 persen kesalahan saya pribadi dan tidak mau ada pembenaran karena saya memang salah,” ujarnya.

 

3 dari 7 halaman

2. Ferdian Paleka

Ferdian Paleka dan tim bikin aksi sosial abal-abal berbagi paket sembako isi sampah kepada dua waria di Bandung. Video ini viral di YouTube, Mei 2020. Publik makin geram ketika ia berujar, “Saya pribadi meminta maaf atas kelakuan saya yang itu… tapi bohong ya!”

Ferdian Paleka ditangkap di ruas tol Merak menuju Jakarta. Juni 2020, ia bebas, dijemput tim kuasa hukum dan keluarga di Mapolrestabes Bandung. Saking viral, kasus ini diberitakan media Inggris dan AS. 

4 dari 7 halaman

3. Richard Gibson

Mei 2020, bulan penuh ulah YouTuber. Pemilik kanal YouTube SarapTV, Richard Gibson dicaci warganet setelah potongan video salat pakai kostum sarung tangan Thanos dan celana pendek mejeng di akun gosip Instagram. Akhir sensasi ini bisa ditebak: pelaku minta maaf.

Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya karena pagi subuh tadi (sebelum ba’da subuh) saya melakukan hal yang tidak seharusnya,” terang Richard Gibson seraya mengakui, “Tidak seharusnya gerakan sholat saya jadikan bahan lelucon.”

 

5 dari 7 halaman

4. Indira Kalistha

“Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai tiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali kayak ditegur gitu baru pakai. Tapi kalau enggak ditegur kita lepas lagi,” ucap YouTuber Indira Kalistha di kanal YouTube Gritte Agatha.

Diunggah pada 13 Mei 2020, video ini viral. Indira Kalistha lalu menyampaikan klarifikasi di kanal YouTube Deddy Corbuzier. “Aku mau minta maaf sama semuanya. Aku enggak tahu kalau omongan aku bakal jadi kayak gini aku enggak tahu,” ujarnya sambil mewek.

 

6 dari 7 halaman

5. Sarah Salshabila Keihl

Tujuannya baik, namun caranya terlalu bombastis. Sarah Salsabila Keihl membantu masyarakat yang terdampak Coviod-19 dengan melelang keperawanan. Diumumkan di medsos, aksinya panen kecaman warganet. Permintaan maaf tertulisnya tak serta merta membuat kecaman mereda.

Ia kemudian minta maaf melalui sebuah video. “Pertama-tama saya memohon kepada seluruh rakyat Indonesia karena telah membuat gaduh, berita saya yang kemarin,” beri tahu Sarah Salsabila dengan air mata berlinang di Instagram, Sabtu (23/5/2020).

 

7 dari 7 halaman

6. Edo Putra

Seolah tak belajar dari tragedi Ferdian Paleka, YouTuber Edo Putra bikin aksi sosial abal-abal berbagi bingkisan kurban Iduladha berisi sampah. Yang bikin miris, korbannya adalah ibu kandung dan orangtua angkatnya sendiri.

Diunggah pada akhir Juli 2020, Edo Putra diciduk Tim Siber Polrestabes Palembang awal Agustus 2020. Aparat menyebut aksi paket kurban isi sampah ala Edo Putra meresahkan masyarakat. YouTuber ini diancam dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara. Duh!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.