Sukses

Baim Wong Temui 2 Tersangka Dugaan Penipuan Giveaway, Miris 6 Kali Nipu Cuma Dapat Rp 600 Ribu

Penangkapan dua tersangka kasus penipuan berkedok giveaway membuat Baim Wong penasaran. Ia menanyai dua tersangka di kantor polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Video penangkapan dua tersangka dugaan kasus penipuan berkedok giveaway Baim Wong viral di medsos bulan ini setelah diunggah kanal YouTube Tim Tiger Official.

Proses hukum bergulir. Suami Paula Verhoeven menyambangi kantor polisi. Di depan awak media, Baim Wong berterima kasih kepada aparat yang cepat merespons maraknya kasus penipuan.

“Terima kasih buat tim Tiger sebenarnya, Polres Jakarta Utara yang sudah menangkap. Karena sebenarnya kenapa saya bisa di sini, saya tuh diresahkan sudah lama sih,” ujarnya terkait soal penipuan bermodus giveaway.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tapi Ternyata Semudah Itu...

Baim Wong menjelaskan, penipuan berkedok giveaway telah ia dengar setahun terakhir. Motif paling gampang, memaanfaatkan acara Indonesia Giveaway yang diproduseri sang aktor.

“Tapi ternyata semudah itu kita mengeluarkan hadiah atau enggak apa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang akhirnya semenjak episode pertama itu sudah sering sekali,” urai bintang film Bebas.

3 dari 5 halaman

Saya Bilang Jangan Percaya

Ini disampaikannya dalam video “Baim Bicara di Ruangan Khusus dengan Tersangka Baim Wong Palsu” yang dipublikaiskan kanal YouTube Baim Paula, Jumat (25/12/2020).

“Setiap episode di Indonesia Giveaway pun saya mencoba bilang jangan percaya dengan penipuan ini. Cuma enggak pernah ada hasil apapun, dan malah semakin banyak,” keluh bintang sinetron Benci Bilang Cinta.

 

4 dari 5 halaman

Modus Penipuan di Facebook

Ini membuat Baim Wong penasaran. Ia ingin tahu apa motif kedua tersangka hingga sampai hati menipu orang. Ia lantas menemui dua tersangka yakni MZ atau MJA alias Jahid dan LH di ruangan khusus.

“Soalnya kan banyak (modus penipuan) di Facebook, Pak. Ya (jadi kami mencoba melakukannya),” beri tahu Jahid kepada Baim. Aksi tipu-tipu ini membuahkan hasil hingga enam kali.

5 dari 5 halaman

Dapat Rp 600 Ribu

Yang bikin Baim Wong miris, enam kali menipu hasilnya tak sampai sejuta rupiah. “Dapat hasil 600 ribu (rupiah),” aku LH. Makin penasaran, Baim Wong bertanya, “Berapa kali berhasil?”

“Enam kali,” jawab tersangka. Menggarisbawahi pengakuan yang ia dengar, Baim Wong berujar, “Berarti sekalinya (dapat) 100 ribu ya?” “Ya (benar),” sahut LH, menganggukkan kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.