Sukses

Penyanyi Trot Ngetop Hong Jin Young Akhirnya Ngaku Tesisnya Hasil Jiplakan

Hong Jin Young sempat berujar hendak mengembalikan gelar miliknya karena mengaku kecewa dengan tuduhan itu.

Liputan6.com, Seoul - Selama beberapa minggu terakhir, Hon Jin Young tersandung kontroversi mengenai tesisnya yang dituduh sebagai plagiat. Penyanyi trot ngetop yang kerap tampil di acara varietas ini sempat membantah keras tuduhan tersebut. Namun Hon Jin Young kemudian mengakuinya. 

Dilansir dari Soompi, Hong Jin Young membagikan secarik surat tulisan tangan di akun Instagram pada Jumat (18/12/2020) lalu. Isinya, mengutarakan permintaan maaf soal kontroversi tesis miliknya. 

"Sudah sangat terlambat dan saya tahu tak bisa mengubah apa pun. Namun, saya menulis ini karena ingin minta maaf secara tulus, memohon maaf, bahkan dalam waktu seperti ini," kata wanita yang cukup sering tampil di Running Man ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Bisa Melepas Ketamakan

Hong Jin Young mengingat kembali bahwa skandal ini bermula saat ia baru comeback dengan lagu barunya. Seperti diketahui, hal ini terjadi pada November lalu. Kala itu, tesisnya diketahui mendapat skor 74 persen di situs pemeriksa plagiarisme, "Copy Killer". 

Ia dan agensinya, menolak tuduhan ini. Pelantun "Love Battery" ini bahkan mengancam untuk mengembalikan gelar miliknya karena mengaku kecewa dengan tuduhan itu. 

"Saya rasa bahkan saat itu, aku tak bisa melepas ketamakan saya. Saya sangat takut karena merasa tak bisa kembali ke panggung bila mengakui tuduhan plagiarisme," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Pikiran Sembrono

Karena itulah, wanita berusia 35 tahun ini berusaha mencari pembenaran, salah satunya bahwa profesornya kala itu tak mempermasalahkan isi tesisnya. 

"Saya bahkan memiliki pikiran sembrono bahwa bila saya melepas gelar, maka orang tak akan membicarakan ini lagi, mungkin mereka akan memaafkan saya," ia beralasan. 

4 dari 5 halaman

Akui Semua Tuduhan

Hong Jin Young menyadari telah melakukan dua kesalahan. Yakni dalam penyusunan tesisnya dan tak dewasa dengan mencari-cari pembenaran atas sikapnya. 

"Saya menerima keputusan sementara Universitas Chosun mengenai plagiarisme dan sangat menyesal. Saya juga berlaku sangat tak hormat kepada orang yang bekerja siang malam mengerjakan tesis doktoral mereka. Saya minta maaf. Saya mengakui semuanya dan akan interospeksi," ujarnya. 

5 dari 5 halaman

Tanggal 23

Sekadar informasi, pada 15 Desember lalu Komite Integritas Riset di bawah Komite Etik Universitas Chosun telah membuat keputusan tentatif tentang hal ini. Hong Jin Young diberikan batas waktu hingga 18 Desember untuk memberikan penjelasan. 

Pada 23 Desember mendatang, akan ditentukan keputusan akhir apakah plagiarisme tersebut benar-benar terjadi. Bila tuduhan ini terbukti, gelar master dan doktoral milik sang penyanyi otomatis dicabut. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.