Sukses

Penuh Haru, SHINee dan Shawol Peringati 3 Tahun Meninggalnya Jonghyun

Kalimat yang ditulis para penggemar SHINee untuk Jonghyun, you did well, merupakan kalimat penuh makna.

Liputan6.com, Seoul - Pada hari ini, Jumat (18/12/2020), tepat tiga tahun lalu, Kim Jonghyun mengembuskan napas terakhirnya. Vokalis SHINee tersebut mengakhiri hidupnya sendiri di sebuah apartemen yang ia sewa di Cheongdam-dong, Gangnam, Seoul, Korea Selatan.

Karena peristiwa inilah, tanggal 18 Desember selalu membawa duka bagi rekan-rekannya dan juga Shawol, sebutan bagi penggemar grupnya.

Meski masih membawa luka, Minho, Key, Onew, dan Taemin tetap mengenang tiga tahun kepergian Jonghyun lewat sebuah unggahan di Instagram resmi grup mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sebaris Kalimat untuk Jonghyun

Dalam foto yang dibagikan di Instagram dan Twitter SHINee, tampak Jonghyun sedang berada di depan mikrofon. Matanya terpejam, ia seakan tengah menjiwai lirik lagu dengan syahdu. 

Dilansir dari Koreaboo, Unggahan ini dibubuhi dengan sebaris kalimat singkat, "Aku akan selalu mencintaimu."

3 dari 5 halaman

Ucapan Penggemar

Para penggemar juga beramai-ramai mengenang Kim Jonghyun. Baik dengan membalas unggahan ini, maupun mengirim komentar ke akun Instagram milik Jonghyun. 

Dari pantauan Liputan6.com, tak sedikit yang menuliskan kata "You did well", yang menggambarkan bahwa mendiang sudah berusaha sebaik mungkin dalam hidupnya. 

4 dari 5 halaman

You Did Well

Sekadar informasi, kata-kata "you did well" dalam ucapan Shawol memang penuh makna. Karena ini seakan menjawab permohonan Jonghyun yang terakhir kali ia sampaikan kepada kakak perempuannya. 

Dilansir dari Soompi, pesan terakhir yang dikirim Jonghyun ini berbunyi, "Selama ini sangat berat. Lepaskan aku. Katakan aku telah berusaha sebaik-baiknya. Ini adalah perpisahan terakhirku."

5 dari 5 halaman

Fitur Baru Instagram

Sementara itu, Instagram baru-baru ini menetapkan akun milik Jonghyun sebagai akun memorial. Di bawah foto profil mereka terdapat kata "Remembering". Bila kata tersebut diklik, terdapat gambar sebuah bunga dalam vas, dan keterangan bahwa akun tersebut menjadi tempat untuk mengenang kehidupan seseorang yang telah meninggal dunia.

Selain Jonghyun, akun milik Sulli dan Goo Hara juga dilengkapi dengan keterangan serupa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.