Sukses

Film Baru Lola Amaria Masih Bertema Sosial, Tayang Gratis di YouTube

Lola Amaria menggarap film berjudul Calon Pengantin.

Liputan6.com, Jakarta Aktris Lola Amaria dikenal sebagai sineas yang kerap membuat film bertema sosial. Kali ini, Sutradara Minggu Pagi di Victoria itu membuat film pendek yang mengisahkan soal penyebaran virus HIV di kalangan masyarakat berjudul Calon Pengantin

Film garapan Lola Amaria Production ini berdurasi 45 menit ini. Oleh sebab itu, film ini tidak akan tayang di bioskop, melainkan di situs berbagi video, YouTube dan bisa disaksikan secara gratis. 

“Tayang di bioskop tidak mungkin karena durasinya kurang. Jadi memang film ini sengaja untuk ditayangkan di YouTube. Makanya kita mengunggahnya di YouTube,” ujar Lola Amaria saat ditemui di kantornya, kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AIDS

Meski begitu, tema dalam film ini dirasa sangat pas. Apalagi bulan ini, tepatnya 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Belum lagi angka penderita HIV di Indonesia yang terbilang masih tinggi. 

Sampai Juni 2019, Kementerian Kesehatan mencatat ada 349.883 penderita HIV di Indonesia. Penderitanya pun bergeser, tidak lagi transgender atau pekerja seks komersil, melainkan ibu-ibu rumah tangga. 

“Saat ini HIV banyak diderita olah ibu-ibu rumahan, yang mereka tidak tahu apa-apa. Kita buat film pendek yang isinya mengedukasi dan orang harus paham dengan ini,” ujar Lola Amaria.

 

3 dari 4 halaman

Kerja Sama

Dalam penggarapan filmnya ini, Lola bekerja sama dengan testJKT dan Update Status. Selain itu, Lola tidak terjun langsung sebagai sutradara. Untuk penggarapannya, Shalahuddin Siregar yang dipercaya menggarap filmnya. 

Cerita dalam filmnya sendiri memang mengangkat kehidupan anak muda. Menurut Lola Amaria cerita yang mengangkat anak muda bisa diterima dengan mudah.

“Kisahnya pastinya bisa diterima karena kisah cinta dan pernikahan selalu menarik bagi para penonton. Tetapi yang membedakan film ini dari film tentang kisah cinta anak muda lain adalah, kami membicarakan seks secara terbuka dan positif,” kata Lola Amaria yang bertindak menjadi produser.

 

4 dari 4 halaman

Kisah

Film Calon Pengantin mengisahkan soal sepasang kekasih bernama Siti dan Bondan, yang menjalani kehidupan pacaran secara bebas. Sampai akhirnya mereka yang akan segera menikah berusaha untuk memeriksakan kesehatannya. 

Film Calon Pengantin yang dibintangi Tatyana Akman, Agra Pilliang, Revaldo dan Gia Partawinata sudah bisa disaksikan di akun Youtube Lola Amaria Production. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.