Sukses

Naila Novaranti Turun Langsung Bersihkan Sampah Besar di Muara Sungai Cisadane

Naila Novaranti baru-baru ini terjun menjadi relawan bersih-bersih sampah untuk kawasan pantai dan lautan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Nama Naila Novaranti pernah viral di media sosial. Profesinya sebagai penerjun payung wanita membuatnya jadi salah satu ikon perempuan menginspirasi. Meski berkutat dengan aktifitas di udara, Naila Novaranti juga memiliki banyak kegiatan bertema sosial.

Naila Novaranti baru-baru ini terjun menjadi relawan bersih-bersih sampah untuk kawasan pantai dan lautan Indonesia. Salah satu yang dibidik, adalah sampah besar yang berserakan menumpuk di tepian muara sungai Cisadane yang berada di Teluk Burung, Kabupaten Tangerang.

Lokasi yang juga tak jauh dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, dilirik oleh Naila Novaranti sebagai salah satu destinasi pendaratan aksi terjun payung. Tapi, sebagai lokasi pendaratan, ia menginginkan area tersebut bersih dan steril dari sampah dan pemandangan lingkungan yang buruk.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Prihatin dengan Sampah

Sungai yang merupakan muara Cisadane, kata Naila Novaranti, sangat penuh dengan sampah. Naila Novaranti prihatin dengan membludaknya sampah plastik dan berbagai macam benda yang menumpuk sehingga mencemari air kali dan menganggu pandangan mata.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Mencemari Air

"Sampah disini luar biasa banyak, menumpuk membeku bahkan mencemari air kali dan lautan dan lingkungan serta habitat di pantai muara Cisadane. Saya ingin lokasi disini bebas sampah, karena lokasi ini sebenarnya sangat menarik apalagi untuk tempat landing terjun payung," ujar Naila Novaranti saat mensurvei lokasi di Muara Cisadani Teluk Burung, Kabupaten Tangerang, baru-baru ini.

 

4 dari 5 halaman

Mengelola Sampah

Naila Novaranti iajak menjadi relawan oleh Ryan Mcinnes (Bule Bolang). Lalu ia mengajak Christopher David Ingsdan Company in Indonesia, PT Indonesia Oceans Integrity atau RIO. Dua temannya itu akan menyediakan alat berat untuk pengangkutan sampah.

"Selain memberikan ide lokasi sampah, mereka juga akan mengelola sampah dengan teknologi yang canggih untuk mendaur ulang sampah menjadi bahan bakar minyak, alat-alat rumah tangga dan sepatu olahraga dan sampah juga bisa membuat bahan material rumah dan aspal," Naila Novaranti melanjutkan.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Diapresiasi

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Idris yang mendukung aksi bersih-bersih sampah mengatakan memberi apresiasi apa yang dilakukan oleh Naila Novaranti dan teman-temannya.

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada para relawan dan pegiat sampah dari Indonesia dan luar negeri yang peduli dengan lingkungan kita disini. Bahwa persoalan sampah ternyata adalah persoalan kita semua dan tanggung jawab kita bersama," kata Idris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.