Sukses

Twitter Rilis Daftar Kicauan Pemersatu Bangsa, dari Choi Siwon sampai Bintang Emon

Cuitan Bintang Emon dan Choi Siwon adalah twit terpopuler di Indonesia tahun 2020.

Liputan6.com, Jakarta Twitter kembali dengan tradisi merilis rangkuman yang terjadi sepanjang tahun 2020. Sejumlah tren kicauan warganet selama tahun ini dicatat oleh platform media sosial berlogo burung biru, termasuk cuitan yang mendapat engagement tertinggi.

"Di tengah pandemi, Twitter menjadi tempat bagi banyak orang untuk berbagi, komentar sosial dengan kemasan yang lucu, hingga pesan dari artis K-Pop yang menyapa fansnya dalam bahasa Indonesia," begitu pernyataan Dwi Adriansyah, Country Industry Head Twitter Indonesia dalam blog resmi media sosial ini. 

Dari tiga cuitan terpopuler di Indonesia, atau yang disebut Twitter sebagai pemersatu warganet, yang pertama disebut adalah twit milik Bintang Emon bertanggal 22 Maret 2020. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pemersatu Bangsa

Cuitan tersebut adalah salah satu koleksi Dewan Perwakilan Omel-Omel alias DPO milik Bintang Emon yang berbicara tentang keresahannya mengenai orang yang abai dengan Corona. 

Saat artikel ini ditulis, kicauan ini difavoritkan 182 ribu kali, di-retweet 137 ribu kali dan panen lebih dari lima ribu komentar. 

3 dari 6 halaman

Maju Lo Sini

Selanjutnya ada artis Korea yang demen bercuit memakai bahasa Indonesia. Sejak bertamu ke rumah Raffi Ahmad Maret lalu, ia memang kian rajin berkicau dengan bahasa kita.

Cuitan Choi Siwon yang masuk urutan terpopuler, adalah saat ia mengunggah meme "maju lo sini" pada 2 Juni lalu. Saat itu, ia sedang mempromosikan vlog-nya di YouTube.

4 dari 6 halaman

Bekal untuk Suami

Unggahan ketiga yang paling menarik perhatian warganet adalah sebuah utas dari warganet dengan akun @rainydecember. Isinya, adalah foto dan resep bekal harian yang ia buat untuk sang suami. 

5 dari 6 halaman

Assalamalaikum, Permisi...

Di luar tiga cuitan ini, Twitter juga merangkum sejumlah kicauan pemersatu bangsa lain. Isinya beragam, mulai dari utas cerita horor hingga trik menggunakan Microsoft Excel. Sejumlah unggahan pesohor Indonesia juga masuk dalam daftar ini. 

Ada video Ernest Prakasa tentang persebaran Corona Covid-19 dan pentingnya menghindari kerumunan, yang ia bagikan pada 15 Maret.

Ada pula "pesan layanan masyarakat" yang dibagikan oleh Fiersa Besari. "Enggak semua hal harus direkam. Enggak semua hal harus di-upload," cuitnya pada 19 Agustus.

Momen kembalinya Iqbaal Ramadhan pada September lalu setelah hampir tiga tahun hiatus dari Twitter pun bikin warganet ambyar. "Assalamualaikum permisi..," cuit Iqbaal, yang di-retweet lebih dari 21 ribu kali dan difavoritkan 125 ribu warganet. 

6 dari 6 halaman

Video Kasus Novel Baswedan

Ternyata cuitan Bintang Emon dan Choi Siwon kembali ke daftar ini. Untuk Bintang Emon, adalah videonya tentang tuntutan jaksa atas kasus Novel Baswedan tanggal 12 Juni yang jadi viral. 

Sementara Choi Siwon, adalah cuitan curhatnya pada 2 Juni 2020. Lagi-lagi, menggunakan bahasa Indonesia. 

"Hari ini cape deh. Sampai sini aja. Besok lagi. Ayo ayo..," cuit sang anggota Super Junior. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.