Sukses

Ustaz Yusuf Mansur Bicara Mansurmology, Investasi Saham yang Tak Cuma Cari Cuan

Yusuf Mansur menekankan bahwa dalam Mansurmology, salah satu poin terpenting adalah niat.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini nama Ustaz Yusuf Mansur dilekatkan dengan sebuah istilah baru: Mansurmology. Ini terjadi setelah harga saham sejumlah perusahaan terbang tinggi usai diperbincangkan oleh pria 43 tahun tersebut. Salah satu "buktinya" saham maskapai pelat merah Garuda Indonesia. 

Awal November lalu, Yusuf Mansur membicarakan Garuda Indonesia yang terlilit utang dan menawarkan solusinya.

"Ga usah pusing nih Garuda, contohnya... Biar disuntik permodalan oleh rakyat secara direct... Secara lsg. Lewat koperasi. Rakyat berduyun2, berbondong2, menjadi pemegang saham baru," tulisnya dalam unggahan bertanggal 7 November. 

Tak lama kemudian keajaiban datang. Saham Garuda Indonesia terbang tinggi. Istilah Mansumology pun kian kencang dibicarakan para investor saham, terutama dari kalangan ritel.

Ustaz Yusuf Mansur akhirnya membedah filosofi di balik Mansurmology. Apa itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mansurmology

Hal ini diungkap dalam unggahannya di Instagram, Senin (7/12/2020). Awalnya, ia menanggapi tuduhan seorang warganet yang menyebut saham-saham yang terbang "berkat" Mansurmology berkaitan dengan politik. 

"Yaa Allah... Hehehe. Ga ada urusan Pilpres atuh sayang..." ujarnya. Ia menambahkan, "Ga ada. Hatiku buat ummat. Bahkan ummat seluruh agama."

3 dari 5 halaman

Sedekah Cuan

Yusuf Mansur kemudian menjelaskan sejumlah poin di balik Mansurmology, yang tak hanya mengejar cuan. "Nawaitu (Niat). Jangan hanya to cuan. Tp to own... Untuk memiliki. To give. Untuk sedekah. To what only yang good good," tulisnya sebagai caption. 

"Niatin buat ngasih uang saku ke adik2 bila cuan. Ngomong ke ortu, ga usah lagi dibiayai dan diongkosi sekolah dan kuliahnya. Ngumrahin ngehajiin orang tua. Bisa ikutan sedekah ke dunia pendidikan, dan tahfizh, dari SCS, sedekah cuan saham, hehehe," ia menjelaskan. 

4 dari 5 halaman

Doa Baik

Yusuf Mansur juga menjelaskan bahwa investasi saham ala Mansurmology berarti melakukan kegiatan positif sebelum melakukan transaksi. 

"Ngajarin doa2 sblm inves dan trading saham. Dan ndoain semua perusahaan yang ditaro dan ga ditaro sahamnya... Ngajarin naro saham di perusahaan yang banyak nyangkut hajat hidup orang banyak..." kata dia. 

5 dari 5 halaman

Nabung Saham

Mansurmology juga mengajarkan investor untuk bersabar dan mamasang target jangka panjang dan selalu berpikir positif. 

"Membantu OJK dan pemerintah. Juga BI. Agar duitnya ga melulu di instrumen Kopi Gula Aren, hehehe. Sepatu branded, tas branded... Ya Nabung Saham lah. Perputarannya dinamis. Dan penuh ilmu," Yusuf Mansur menyambung.

Terakhir, ia menambahkan dengan nada canda, "Ngajakin coblos Yusuf Mansur, Presiden RI 2024, wwkwkwkwkwk.."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.