Mikha Tambayong dan Sal Priadi Tampil di Teater Musikal Anugerah Terindah

Oleh Gilar Ramdhani pada 05 Des 2020, 11:17 WIB
Diperbarui 05 Des 2020, 11:18 WIB
Mola TV Hadirkan Teater Musikal Anugerah Terindah, Ada Mikha Tambayong dan Sal Priadi
Perbesar
Dok. Titimangsa Foundation.

Liputan6.com, Jakarta Momen akhir pekan di rumah semakin menyenangkan dengan munculkan tontonan dan pertunjukkan baru yang bisa dinikmati dari layar kaca televisi. Mola TV berkolaborasi dengan Titimangsa Foundation menampilkan “Anugerah Terindah”, sebuah pentas teater musikal yang merupakan alih wahana dari lagu-lagu ciptaan Eross Candra yang dipopulerkan oleh Sheila on 7 dan bisa  disaksikan secara eksklusif hanya di Mola TV mulai tanggal 5 Desember 2020. 

Berkomitmen untuk men-support para pelaku industri seni dan film lokal yang terkena  dampak Covid-19, sebelumnya Mola TV telah mendukung industri perfilman dengan  menayangkan film independen Mudik melalui platform-nya sebagai bioskop digital.

Pada “Anugerah Terindah” kali ini, Mola TV kembali mendukung bentuk karya seni lain yaitu  teater, agar para pelaku industri teater tetap bisa berkarya dan pencinta teater tetap bisa  menikmati pertunjukan dari rumah. Pertunjukan “Anugerah Terindah” ini akan menjadi  pentas teater musikal pertama yang akan tayang eksklusif di platform streaming digital Mola TV.

Happy Salma selaku founder Titimangsa Foundation sekaligus produser Teater Musikal  “Anugerah Terindah” ini menyatakan kegembiraannya saat Mola TV mengajak untuk memproduksi pentas teater musikal untuk ditayangkan di Mola TV, karena hal ini bisa  menjadi angin segar bagi pelaku seni untuk terus berkarya.

“Berbagai upaya dilakukan oleh pelaku seni untuk terus kreatif berkarya di masa  pandemi. Salah satunya dengan memadukan konser dan musikal, agar panggung musik  dan teater punya alternatif dalam hal penyajian atau pemanggungan secara virtual.  Karena seperti diketahui, hingga sekarang, panggung musik dan teater masih banyak  yang belum diperbolehkan penyelenggaraannya.

Dalam produksi “Anugerah Terindah” ini, Titimangsa Foundation mengalihwahanakan karya lagu ke dalam bentuk teater musikal yang juga perlu untuk diapresiasi oleh masyarakat luas, terutama anak- anak muda,” ucap Happy menjelaskan.

Happy menambahkan, “Menurut Sapardi Djoko Damono dalam bukunya berjudul “Alih  Wahana”, kendaraan alih wahana dapat menjadi sangat luas, dari satu bentuk kesenian  ke kesenian yang lain. Bukan hanya dari karya sastra seperti yang selama ini Titimangsa selalu kerjakan, tapi juga dari semua jenis kesenian lain. Maka, pada produksi Titimangsa  Foundation ke-42 ini, Titimangsa mengalihwahanakan lagu ke dalam bentuk pertunjukan  teater musikal.”

 

2 dari 3 halaman

Mola TV Dukung Pelaku Industri Hiburan

Sementara itu mendukung pernyataan Happy Salma, perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso juga menyebutkan bahwa Mola TV berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada pelaku industri hiburan yang terkena dampak covid dan tidak bisa menunjukkan  karyanya saat ini.

“Mola TV berkomitmen untuk memberikan support kepada industri seni Indonesia agar  dapat tetap berjalan di tengah masa pandemi yang masih berlangsung ini. Kami berharap  dengan peluncuran Teater Musikal “Anugerah Terindah” ini, pencinta teater dapat  terobati kerinduannya dengan menonton teater dari rumah secara daring. Hal ini tentunya  juga membuka kesempatan kepada pencinta teater yang sebelumnya memiliki kendala  untuk menikmati pertunjukan teater, karena biasanya teater hanya ada di kota-kota  besar. Jarak tidak lagi menjadi masalah dan teater dapat diakses seluruh lapisan  masyarakat di manapun mereka berada,” ucap Mirwan.

“Teater Musikal “Anugerah Terindah” adalah sebuah karya seni yang melibatkan beberapa bidang seni sekaligus, termasuk seni musik, seni peran dan seni pertunjukan. Dan tentu saja juga melibatkan banyak pekerja seni yang kini sangat terdampak di masa  pandemi. Harapan besarnya, dengan memberikan ruang khusus di platform kami, Mola TV bisa turut membantu pekerja seni untuk tetap kreatif dan produktif sekaligus mengajak  generasi muda di Indonesia untuk bisa mengapresiasi karya seni bangsanya sendiri,” tutup Mirwan.

 

3 dari 3 halaman

Didukung aktor-aktor muda

Teater Musikal “Anugerah Terindah” ini didukung aktor-aktor muda yang memiliki banyak penggemar di kalangan generasi-Z seperti Mikha Tambayong, Ayushita, Asmara Abigail, Sal Priadi dan Roy Sungkono. Proyek ini menjadi debut musikal dan panggung teater pertama mereka. Mereka juga akan didukung dengan penampilan Dira Sugandi, Happy Salma, dan Reza Rahadian.

Jika penampil depan layar diwakili oleh generasi muda berbakat, maka berbeda dengan kerabat kerja belakang layar yang ikut menggarap  pertunjukan ini. Ada nama-nama besar yang berpengalaman di bidangnya seperti Agus Noor yang bertindak sebagai sutradara, Kamila Andini sebagai sutradara visual, serta  Iskandar Loedin sebagai penata artistik.

Pentas Teater Musikal ini dilakukan seperti pentas teater pada umumnya, perbedaanya  adalah tidak adanya penonton yang menonton pertunjukan secara langsung di gedung pertunjukan. Pementasan direkam dan pengambilan gambarnya dilakukan tanpa cut to  cut adegan. Seluruh proses pementasan ini juga dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Premiere Live Show Teater Musikal “Anugerah Terindah” bisa disaksikan secara  eksklusif di Mola TV pada 5 Desember 2020 dengan membeli paket langganan Mola TV  manapun, mulai dari Rp12.500,- per bulan dan mengaksesnya melalui aplikasi Mola TV  yang tersedia di appstore dan playstore atau melalui situs www.mola.tv

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓