Sukses

BTS Kembali Cetak Sejarah, 3 Kali Jadi Jawara Billboard Hot 100 dalam 3 Bulan

Lagu BTS Live Goes On, menjadi lagu pertama di puncak Billboard Hot 100, yang memiliki lirik mayoritas berbahasa Korea.

Liputan6.com, Los Angeles - Langkah BTS di jagat musik dunia masih tak terbendung. Lewat album terbaru mereka, BE, RM dkk terus membuat sejumlah rekor, termasuk di tangga lagu bergengsi Billboard. 

Dilansir dari Soompi, Selasa (1/12/2020) "Life Goes On" yang menjadi tittle track BTS di album BE, merebut posisi pertama di Billboard dalam sejumlah tagu media khusus musik ini. Yang pertama adalah Billboard Hot 100 hingga tanggal 5 Desember.

Ini adalah daftar yang menentukan urutan lagu terpopuler di Amerika Serikat dari semua genre. Penghitungannya adalah dari segi streaming (audio dan video resmi), pemutaran di radio airplay, dan angka penjualan.

Ini adalah catatan bersejarah, karena "Life Goes On" adalah lagu pertama dengan lirik yang mayoritas berbahasa Korea, yang meraih pencapaian ini. Istimewanya lagi, tujuh lagu dalam album BE juga masuk dalam tangga lagu ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tujuh Lagu BTS

Hal ini diumumkan langsung oleh Billboard lewat sebuah cuitan di akun Twitter resmi mereka. 

Billboard menulis bahwa selain "Life Goes On" di posisi pertama, ada "Dynamite" di posisi 3, "Blue&Grey" di urutan 13, "Stay" di 22, "Fly to My Room" nomor 69, "Telepathy" di 70, dan terakhir "Dis-ease" di nomor 72.

Artinya, hanya lagu "Skit" yang absen di daftar ini. 

3 dari 5 halaman

September - Desember

Ini adalah lagu BTS ketiga yang masuk peringkat pertama dalam Billboard Hot 100. Dua lainnya, adalah "Dynamite" dan lagu kolaborasi mereka dengan Jason Derulo dan Jawsh 695,  “Savage Love (Laxed – Siren Beat)” remix.

BTS kini tercatat sebagai musikus tercepat yang mengumpulkan tiga lagu pemuncak Hot 100 Billboard dalam 42 tahun terakhir. Pencapaian ini, dilakukan dalam rentang waktu persis tiga bulan (5 September - 5 Desember). 

4 dari 5 halaman

Bee Gees dan The Beatles

Sebelumnya, BTS, grup ikonis Bee Gees melakukan hal serupa dalam waktu dua bulan dan tiga pekan, dengan lagu-lagu dari soundtrack Saturday Night Fever tahun 1977. 

BTS juga menjadi yang tercepat setelah The Beatles, dalam mengumpulkan tiga lagu pemuncak di Billboard Hot 100 yang pertama sepanjang karier mereka. John Lennon cs mengumpulkannya dalam waktu dua bulan dan tiga hari pada 1 Februari - 4 April 1964, lewat  "I Want to Hold Your Hand," "She Loves You" dan "Can't Buy Me Love." 

5 dari 5 halaman

Catatan Lain

Tak cuma di Hot 100, BTS juga meraih posisi pertama di tangga lagu Billboard Global 200 dan Billboard Global Excl. U.S. Yang pertama disebut, adalah daftar yang mencatat urutan lagu terpopuler berdasarkan streaming dan penjualan di 200 teritori termasuk AS. Sementara yang satunya, adalah tangga lagu terpopuler secara global, di luar wilayah Amerika Serikat. 

Di tangga lagu Global 200, "Life Goes On" debut di posisi pertama dengan 152,5 juta streaming dan 84 ribu unduhan secara global dalam waktu seminggu hingga tanggal penutupan 26 November. Ini adalah angka streaming terbesar sejak tangga lagu ini dibuat, melampaui rekor sebelumnya yang dibuat Blackpink dengan "Lovesick Girls" dengan 123,8 juta streaming. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.