Sukses

Ini Dia 4 Rekomendasi Film Saat Hari Ibu yang Bisa Ditonton di Vidio

Hari Ibu kini sebentar lagi tiba merupakan salah satu peringatan perayaan yang paling ditunggu-tunggu oleh kita semua.

Liputan6.com, Jakarta Hari Ibu kini sebentar lagi tiba merupakan salah satu peringatan perayaan yang paling ditunggu-tunggu oleh kita semua. Ini bisa jadi momen kehangatan kita bersama ibu atau keluarga kita untuk berkumpul.

Hari Ibu sendiri diperingati setiap tanggal 22 Desember di Indonesia. Mengapa demikian? Hari Ibu ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai hari ibu. 

Hal ini karena pada tanggal tersebut pertama kalinya diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia yang dilangsungkan di Yogyakarta tahun 1928. Peristiwa ini dikenang sebagai awal mula perjuangan kaum perempuan di Indonesia.

Tidak hanya itu, peringatan Hari Ibu juga bisa menjadi momen terbaik bagi semua orang untuk memberikan sesuatu yang spesial dan juga mengucapkan rasa terima kasih kepada sang ibu karena jasanya yang begitu besar bagi hidup kita.

Banyak cara untuk memaknai agar hal ini menjadi sesuatu yang lebih bermakna dan berkesan. Salah satunya dengan menonton film bersama keluarga di rumah. Nah, berikut adalah rekomendasi film yang cocok ditonton pada saat Hari Ibu. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Susah Sinyal

Susah Sinyal merupakan film yang dirilis pada akhir tahun 2017 disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film ini bisa jadi salah satu tontonan bersama keluarga pada saat Hari Ibu di rumah.

Film ini mengisahkan tentang hubungan seorang anak dan ibu yang memiliki kerenggangan karena kesibukannya masing-masing. Bercerita seorang perempuan bernama Ellen (Adinia Wirasti) yang berprofesi sebagai pengacara sukses.

Dalam hidupnya ia terlalu sibuk bekerja membuatnya mengabaikan momen untuk  bersama anaknya yang bernama Kiara (Aurora Ribeiro). Kiara pun akhirnya tumbuh menjadi seorang remaja yang suka membangkan dan suka melampiaskan emosinya lewat sosial media akibat kurangnya perhatian dari sang ibu.

Situasi semakin runyam setelah sang nenek yang menggantikan posisi Ellen untuk mengurus Kiara meninggal dunia. Ellen pun mencoba melakukan pendekatan terhadap anaknya dan mengajaknya liburan ke Sumba, NTT. Akhirnya, setelah berlibur mereka mulai menyadari bagaimana pentingnya untuk tetap saling support satu sama lain sebagai keluarga.

3 dari 5 halaman

Athirah

Athirah bisa dibilang merupakan film biografi yang diadaptasi dari cerita kehidupan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ketika muda bersama sang ibu. Film ini pertama kali dirilis pada september 2016 dan disutradarai oleh Riri Riza.

Film ini juga dibintangi oleh dibintangi oleh Cut Minie dan Christoffer Nelwan sebagai pemeran utamanya. Bercerita tentang seorang ibu rumah tangga bernama Athirah. Ia harus pindah dari Bone ke Makassar untuk tinggal bersama suaminya, Puang Ajji (Arman Dewarti). Di Makassar kedua pasangan suami istri ini membangun bisnis keluarga dari nol.

Berkat perjuangan dan kegigihan mereka, bisnis itu kemudian berkembang menjadi besar. Mereka hidup harmonis dengan dikaruniai sejumlah anak. Namun, semua mulai berubah ketika Puang Ajji mulai tergoda wanita lain. Sedangkan pada era 50-an, laki-laki dengan lebih satu wanita adalah fenomena yang tidak jarang.

Anak-anak mereka pun akhirnya kena imbasnya termasuk Jusuf Kalla (Christoffer Nelwan). Hal ini membuat Athirah sudah tak tahan dan mencoba untuk pergi meninggalkan sang suami. Ia pun akhirnya pergi bersama kelima anaknya termasuk Jusuf Kalla untuk memulai kehidupan yang baru dan bertahan hidup dengan berjualan sarung.

4 dari 5 halaman

Kartini

Kartini merupakan film yang dirilis pada tahun 2017 yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo. Film ini juga menjadi pengembangan ketiga Kartini di layar lebar setelah biografi R.A. Kartini (1984), dan kisah fiksi asmara Kartini, Surat Cinta Untuk Kartini (2016).

Film ini menceritakan kisah Kartini (Dian Sastrowardoyo) yang tumbuh dengan melihat langsung ibunya yang bernama Ngasirah (Christine Hakim) menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri. 

Hal ini terjadi dikarenakan tidak memiliki darah ningrat dan menjadi seorang pembantu. Sang ayah bernama Raden Sosroningrat (Deddy Sutomo) yang sangat mencintai Kartini tidak berdaya melawan tradisi yang sudah turun temurun. 

Sepanjang perjalanan hidupnya, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang baik ningrat ataupun bukan. Terutama hak pendidikan untuk perempuan, ia berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat

5 dari 5 halaman

Demi Ucok

Demi Ucok merupakan film bergenre drama komedi yang dirilis pada tahun 2013 silam. Film ini mengambil latar sebuah kebudayaan batak. Film ini bertema ibu dan anak yang dibalut dalam kisah kultur Batak. Alur cerita film Demi Ucok lebih condong pada ambisi orang tua dan idealisme seorang anak.

Glo atau Gloria Sinaga tidak mau jadi seperti ibunya, yaitu menikah, lupa mimpi, dan hidup dengan rutinitas setelahnya. Glo ingin mengejar mimpi, yaitu membuat film. Sementara Mak Gondut (ibu Glo) yang dalam keadaan sakit dan divonis hidup tinggal setahun lagi tetap bertekad mencari pasangan untuk Glo agar kemudian menikah dan hidup bahagia setelahnya.

Mak Gondut yang diperankan oleh Lina Marpaung, seorang janda berusia 55 tahun memiliki seorang anak perempuan bernama Gloria Sinaga (diperankan oleh Geraldine Sianturi) atau dalam filmnya kerap disapa Glo. Usia Glo sudah matang, namun dia belum juga mau menikah, bahkan pacar pun tidak dimilikinya. Dia juga selalu menolak untuk dijodohkan.

Melihat kenyataan itu, Mak Gondot pun resah. Mak Gondut yang divonis hidupnya tinggal setahun lagi terus bertekad mencari Ucok agar Glo bisa kawin dan hidup bahagia selamanya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film yang cocok ditonton bersama keluarga untuk memperingati Hari Ibu. Buat kalian yang mau nonton tayangan tentang Hari Ibu lainnya bisa saksikan di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga unutk menikmati tayangan seru lainnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.