Sukses

Grammy Awards 2021 Mendapat Protes dari The Weeknd dan Nicki Minaj

Beyonce Knowles meraih nominasi paling banyak untuk Grammy Awards 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Para pecinta musik internasional telah mengetahui daftar nominasi Grammy Awards 2021 yang diumumkan pada 24 November 2020 lalu. Terdapat 83 kategori yang diperebutkan oleh sejumlah musikus dunia dalam nominasi masing-masing.

Biarpun Beyonce Knowles meraih nominasi paling banyak untuk Grammy Awards 2021, yakni sembilan kategori, masih ada suara-suara protes dari para musikus lainnya. Mereka adalah The Weeknd dan Nicki Minaj.

Dalam protesnya, The Weeknd heran dirinya tak mendapatkan nominasi di Grammy Awards 2021 padahal ia banyak menang di ajang-ajang lain. Sementara itu, Nicki Minaj menyorot dugaan rasisme di dalam gelaran tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Protes The Weeknd

The Weeknd telah meluncurkan album bertajuk After Hours pada Maret 2020 lalu. Lagu hit-nya, "Blinding Lights" sangat dikenal di kalangan pecinta musik seluruh dunia. Dari situlah protesnya disuarakan.

"Grammy masih saja curang. Kalian berutang transparansi kepadaku, penggemarku, dan kepada industri," tulis pemilik nama Abel Tesfaye itu.

 

3 dari 5 halaman

Protes Nicki Minaj

Sementara itu, Nicki Minaj membuka kembali luka lamanya saat masuk ke dalam nominasi Best New Artist pada 2012 lalu. Pada saat itu, Nicki kalah dari Bon Iver. Ia pun merasa dicurangi oleh Grammy atas dugaan warna kulit.

Nicki Minaj selama bertahun-tahun memang sudah masuk ke dalam nominasi Grammy Awards sebanyak 10 kali. Namun ia tak pernah sekalipun menyabet piala bergengsi ini. Bahkan untuk tahun ini, ia tak masuk dalam kategori manapun.

 

4 dari 5 halaman

Kenangan Pahit

"Tak pernah lupa bagaimana Grammy tak memberiku piala Best New Artist ketika aku memiliki tujuh lagu yang secara bersamaan masuk di dalam tangga lagu Billboard dan lebih besar pada minggu perdana dibandingkan semua rapper wanita pada akhir dekade itu," tulis Nicki Minaj.

"(Dan) mereka memberikannya kepada Bon Iver si kulit putih," tambahnya.

 

5 dari 5 halaman

Puncak Acara

Nominasi Grammy Awards 2021 yang merupakan ajang ke-63 ini merupakan deretan karya yang dirilis sejak 1 September 2019 hingga 31 Agustus 2020. Daftar pemenang diumumkan dalam acara puncaknya, yakni Anugerah Grammy Awards ke-63 yang disiarkan pada 31 Januari 2021 waktu Amerika Serikat untuk disiarkan melalui saluran CBS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.