Sukses

Nonton Parasite di Vido, 5 Fakta Menarik Film Korea Pemenang Piala Oscar 2020

Parasite yang merupakan karya sutradara Boong Ho Joong berhasil mendapatkan penghargaan film terbaik di Piala Oscar 2020.

Liputan6.com, Jakarta Parasite yang merupakan karya sutradara Boong Ho Joong berhasil mendapatkan penghargaan film terbaik di Piala Oscar 2020.

Ini menjadi sebuah momentum sejarah karena untuk pertama kalinya film Korea berhasil mendapatkan penghargaan paling bergengsi dalam dunia perfilman itu. 

Parasite berhasil mengungguli film-film lain seperti, Ford v Ferarri, Marriage Story, 1917, Little Women, The Irishman, Joker, Jojo Rabbit dan Once Upon a Time in Hollywood.

Diantara film ternama tersebut, memang film yang satu ini berhasil menarik perhatian banyak orang tidak hanya di Korea namun juga mancanegara tak terkecuali Indonesia. 

Alur cerita dari film ini memang sungguh menarik dan menggambarkan sisi lain dari kehidupan masyarakat Korea, dimana adanya kesenjangan sosial antara golongan atas dan bawah.

Tidak hanya itu, selain berhasil menjadi film terbaik di ajang Piala Oscar, ada beberapa fakta yang menarik untuk diulas dari Parasite. Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Terinspirasi dari kisah hidup sang sutradara

Film parasite memang memiliki jalan cerita yang cukup sulit untuk ditebak. Ternyata, kisahnya ini berdasarkan pengalaman hidup yang terjadi dari sang sutradara sendiri.

Jauh sebelum Boong Ho Joong terkenal, ia mengutarakan pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya. Boong Ho Joong mengungkapkan bahwa dulu ia  pernah menjadi seorang guru private untuk anak orang kaya. Namun baru dua minggu mengajar nasib sial menimpa yang membuatnya harus dipecat.

3 dari 6 halaman

Semua insiden yang terjadi berawal dari kebohongan

Dalam ceritanya juga banyak sekali kebohongan yang menyebabkan insiden besar dalam rumah Tuan Park. Awalnya seorang anak dari keluarga pengangguran mencoba peruntungan yang ditawari temannya untuk menjadi seorang guru private.

Tak, disangka seseorang yang diajarnya merupakan keluarga yang kaya raya. Dari situlah muncul ide bahwa ia harus membawa seluruh keluarganya bekerja di rumah tersebut. 

Setelah rencananya berhasil, hal tersebut justru membawa bencana. Semua kebohongan di dalam rumah tersebut mulai terkuak. Akhirnya sebuah insiden besar terjadi ketika si pemilik rumah sedang mengadakan pesta.

4 dari 6 halaman

Menggambarkan sebuah kesenjangan sosial yang terjadi dalam kehidupan nyata

Penuh intrik dan simbol-simbol, banyak orang membuat ulasan mengenai 'Parasite Ending Explained'. Para pecinta film pun setuju jika Parasite merupakan film non bahasa Inggris pertama yang memenangkan Oscar tersebut menyinggung mengenai kapitalisme dan ketimpangan sosial.

Banyak adegan di film ini yang sangat relevan di kehidupan nyata yang menyinggung kesenjangan sosial. Dimana terlihat perbedaan gaya hidup antara si miskin dan si kaya sehingga penonton terpesona dan bisa merasakan emosi di film ini.

5 dari 6 halaman

Sutradara Bong menjadikan Scholar Stone sesuatu yang ambigu dalam film

Di Korea Selatan, Scholar Stone (Suseok) merupakan benda yang sangat dihargai banyak orang. Dalam film Parasite, batu itu diberikan oleh teman Min karena melambangkan keberuntungan.

Akan tetapi, pada akhirnya film itu juga menunjukkan bahwa kehadiran batu tersebut tidak membantu membawa keluarga Kim menjadi kaya, seperti yang mereka pikirkan dan harapkan.

6 dari 6 halaman

Akan dibuat mini series

Sebuah serial terbatas yang didasarkan pada cerita Parasite akan dikembangkan di layanan streaming HBO. Sutradara Bong Joon-ho bersama dengan Adam McKay dilaporkan akan memproduksi serial tersebut.

Namun, sepertinya para pecinta film harus lebih bersabar lagi. Hingga kini belum ada kelanjutan informasi bagaimana serial ini akan dilanjutkan. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 yang melanda dunia belum kunjung usai.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik seputar film Korea yang mendapatkan penghargaan di Piala Oscar ini. Buat kalian yang mau nonton film Parasite bisa saksikan di aplikasi streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga untuk menikmati tayangan seru lainnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.