Sukses

Menteri Korsel Ingin BTS Dibebaskan dari Wamil, tapi Mustahil karena Alasan Ini

BTS sendiri telah menegaskan posisi mereka soal wamil.

Liputan6.com, Paris- Topik soal wajib militer dan BTS belum juga selesai dibicarakan. Kali ini Menteri Kebudayaan Korea Selatan Park Yang Woo yang mengungkapkan pendapatnya. 

Dilansir dari Yonhap News, Minggu (22/11/2020), ia ternyata setuju bila para anggota BTS dibebaskan dari wajib militer. Namun hal ini di luar kewenangannya. 

"Dalam kasus BTS, secara pribadi saya berharap saya bisa membebaskan mereka dalam standar tertentu, tapi Military Manpower Administration dan Kementerian Pertahanan Nasional (yang memiliki kewenangan memanggil wamil) cenderung untuk membatasi (pengecualian wamil)," tuturnya saat bertemu dengan wartawan dalam acara UNESCO di Paris, Prancis. 

Ia juga menjelaskan mengapa artis pop seperti BTS sulit mendapat pengecualian wamil, tidak seperti atlet atau seniman klasik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sulit Dilembagakan

"Tidak seperti seni klasik atau olahraga, sulit untuk menentukan kriteria yang fix tentang pemilihan dalam budaya dan seni populer, membuatnya sulit untuk melembagakan (sistem pengecualian)," ujarnya lagi. 

3 dari 5 halaman

Mempermudah Keluar Negeri

Sang Menteri mengatakan, agensi hiburan di Korea Selatan umumnya memang tak mengejar pengecualian wamil, tapi kelonggaran untuk pergi ke luar negeri. Menteri Park mengatakan bahwa artis pria kerap mengalami kesulitan untuk bepergian ke luar negeri bila belum menyelesaikan wajib militer.

"Sejauh ini, artis di atas umur 25 menghadapi pembatasan saat bepergian ke luar negeri, tapi dengan (aturan baru), menuju penghapusan pembatasan ini untuk orang-orang yang mendapat rekomendasi dari Kementerian Kebudayaan," ujarnya. 

4 dari 5 halaman

Tugas Negara

BTS sendiri telah menegaskan posisi mereka soal wamil. "Menyelesaikan wajib militer adalah tugas saya sebagai orang Korea," ujarnya di sela konferensi pers album baru mereka, BE, diwartakan Koreaboo. 

Jin mengatakan ia akan melaksanakan tugas negara ini, seperti pria Korea lainnya. "Tidak hanya saya, semua dari kami (BTS) akan merespons tugas wajib militer kami," ia menambahkan. 

 

5 dari 5 halaman

Jin Giliran Pertama

Bukan tanpa alasan Jin yang menjawab pertanyaan tentang wajib militer ini. Pria bernama Kim Seok Jin tersebut akan mencapai usia 28 tahun untuk perhitungan internasional.

Artinya, ia harus segera masuk wamil, dan kemungkinan besar jadi anggota BTS pertama yang menunaikan kewajibannya ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.