Sukses

BTS Raih Innovator Awards 2020 dari Wall Street Journal, Dibandingkan dengan The Beatles

RM BTS merendah dengan mengatakan bahwa mereka hanya anak muda biasa yang memiliki mimpi.

Liputan6.com, Seoul - BTS kembali mendapatkan pengakuan internasional. Kali ini dari media Amerika Serikat, Wall Street Journal. J-Hope dkk mendapat gelar Innovator Awards 2020 di bidang musik oleh media ini, yang diumumkan di situsnya pada hari ini, Kamis (12/11/2020).

Selain BTS, sejumlah nama lain juga mendapat penghargaan serupa di bidang lain. Dilansir dari Allkpop, ada Jennifer Lopez dari bidang budaya pop, Patti Smith dari literatur, Tyler Perry di bidang hiburan, ada pula Titus Kaphar di dunia seni.

Dalam videonya, Wall Street Journal merilis opini sejumlah pesohor mengenai BTS, termasuk para host kondang yang pernah menampilkan BTS sebagai bintang tamunya. 

Dua di antaranya adalah James Corden dan Stephen Colbert. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengaruh BTS

"Kurasa kami yang terlibat di depan dan belakang kamera, tak mengetahui sebelumnya, betapa hebatnya mereka semua, dan betapa penggemarnya begitu bersemangat. Dan setiap kali mereka datang ke acara kami, aku selalu terpukau dengan profesionalitas, sifat, dan bakat hebat mereka," tutur James Corden.

Dalam video ini, disampaikan pula bagaimana pengaruh BTS telah menembus batas-batas budaya. 

3 dari 5 halaman

The Beatles

Sementara itu Stephen Colbert mengingat kembali saat BTS tampil di acaranya, berikut mengungkap sejumlah pencapaian BTS yang dibandingkan dengan legenda musik The Beatles.

"BTS adalah artis Korea pertama yang mencapai tangga lagu pertama Billboard, dan mereka menjadi grup pertama setelah The Beatles yang meraih tiga album nomor satu, dalam waktu kurang dari setahun," tutur Stephen Colbert.

Tak hanya Stephen Colbert yang membandingkan BTS dengan The Beatles. "Orang sebaiknya mulai menerima, bahwa mereka bisa dibilang seperti The Beatles, karena ada ratusan juta orang yang suka BTS," tutur David Chang, penerima Innovator Awards 2018 di bidang kuliner. 

4 dari 5 halaman

Reaksi BTS

Selanjutnya, di video diungkap reaksi anggota BTS, termasuk soal mereka yang disejajarkan dengan The Beatles. "Untuk dibandingkan dengan grup legenda seperti itu adalah sebuah kehormatan besar," tutur Jin.

Patut dicatat, ia mengucapkannya sebagai "The Beatles sunbaenim". Sunbaenim sendiri, adalah sebutan untuk seorang senior, yang diucapkan secara hormat. 

5 dari 5 halaman

7 Anak Muda Biasa

Sementara RM, mengaku tak mencoba untuk menyejajarkan diri dengan John Lennon dkk.

"Kami tidak pernah seperti The Beatles, atau mencoba melebihi mereka. Kami hanya tujuh anak normal yang suka musik dan manggung, yang bercita-cita memberikan harapan, cinta, dan energi positif serta inspirasi," tutur RM.

Selamat, BTS!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.