Sukses

Ken Spears Sang Pencipta Scooby Doo Meninggal Dunia

Ken Spears, salah satu pencipta Scooby Doo, mengembuskan napas terakhir dalam usia 82 tahun.

Liputan6.com, Los Angeles - Penggemar serial animasi kehilangan salah satu talentanya, Ken Spears, salah satu pencipta Scooby Doo. Dilansir dari Variety, Selasa (10/11/2020), ia meninggal dunia pada Jumat (6/11/2020) lalu. 

Ken Spears mengembuskan napas terakhir dalam usia 82 tahun. 

Putra Ken Spears, Kevin, mengabarkan kepada Variety bahwa sang ayah meninggal karena komplikasi yang berkaitan dengan Lewy body dementia (LBD). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenangan Keluarga

"Ken akan selalu dikenang karena kecerdasannya, gayanya bercerita, kesetiannya kepada keluarga, dan etos kerjanya yang tinggi," tutur Kevin Spears. 

Ia menambahkan, "Ken tak hanya meninggalkan impresi mendalam untuk keluarga kami, ia juga telah menyentuh hidup banyak kreator lain di Scooby-Doo. Ken telah menjadi panutan bagi kami sepanjang hidupnya dan ia akan terus hidup di hati kami."

3 dari 4 halaman

Ungkapan Belasungkawa Warner Bros

Warner Bros sebagai pemegang lisensi Scooby Doo juga telah mengeluarkan pernyataan belasungkawa atas kematian Ken Spears.

"Dia adalah benar-benar pencipta dalam industri di mana bakat humor dan gaya ceritanya terus menghibur penonton," tutur Presiden Warner Bros. Animation and Cartoon Network Studios dalam pernyataan tertulis.

"Kamu tidak bisa menemukan satu layar di dunia yang belum memainkan satu versi Scooby-Doo. Kami di Warner Bros terus terinspirasi atas karyanya," ujarnya lagi. 

 

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier

Pria kelahiran 12 Maret 1938 ini memulai kariernya di Hanna-Barbera Productions pada 1959 sebagai penyunting suara. Di sana, ia bertemu Joe Ruby, dan mulai bekerja sama dalam menulis cerita. 

Keduanya kemudian menciptakan sejumlah tayangan animasi kondang seperti Scooby-Doo, Where Are You!, Dynomutt, Dog Wonder dan Jabberjaw untuk Hanna-Barbera. Mereka juga membuat The Barkleys dan The Houndcats untuk DePatie-Freleng.

Tahun 1977, keduanya mendirikan studio sendiri, yang memproduksi serial animasi seperti Superman dan Alvin and the Chipmunks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.