Sukses

Suga BTS Ungkap Kondisi Terakhirnya Usai Jalani Operasi Bahu

Suga BTS awalnya ogah dioperasi, memilih menahan sakit dan menjalani rehabilitasi.

Liputan6.com, Seoul - Setelah Big Hit Entertainment mengumumkan bahwa Suga BTS cuti sementara dari dunia hiburan karena operasi bahu yang ia jalani, kini sang rapper yang menyapa penggemar. Diberitakan Soompi, Jumat (7/11/2020), ia menyapa penggemarnya lewat platform Weverse.

Suga BTS menyebut ia menerima banyak perhatian dari penggemar setelah kabar operasinya diungkap agensi. "Setelah pengumumannya, banyak orang yang khawatir jadi aku merasa bersalah sekaligus sangat bersyukur," tulis pelantun "Mic Drop" tersebut di awal unggahannya.

Ia juga menceritakan kondisinya terkini. "Syukurnya, operasinya berjalan lancar. Kondisiku saat ini, aku sering merasakan sakit tapi sudah sangat lega," tulis Suga BTS. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sempat Ogah Operasi

Pria asal Daegu ini mengaku sebenarnya sempat keberatan menjalani operasi. 

"Karena pekerjaanku adalah manggung, aku mencoba mengindari operasi sebisa mungkin dan menahannya dengan rehabilitasi dan suntikan. Tapi, aku kemudian takut karena (sakitnya) makin parah setiap kali aku manggung," ujar Suga. 

 

3 dari 5 halaman

Akhirnya Rela Dioperasi

Namun setelah berkonsultasi dengan banyak ahli, ia kemudian merelakan diri masuk ruang operasi.

"Jadi setelah tiga dari empat rumah sakit mengatakan bahwa sebaiknya melakukan operasi karena mempertimbangkan kondisiku, aku akhirnya menjalaninya.. (Aku benar-benar memikirkan berulang kali..!)," tuturnya. 

 

4 dari 5 halaman

Minta Maaf kepada Army

Suga menyadari keputusan operasi membuatnya terpaksa undur diri sejenak dari kegiatan bersama BTS, dan membuatnya tak bertemu dengan Army, para penggemar grupnya. Apalagi, pada 20 November mendatang grupnya akan comeback dengan materi baru. 

Ia kemudian mengucap permintaan maaf kepada para penggemar. Di pengujung pernyataannya ia menulis, "Aku juga sangat menyayangkannya...Aku akan pergi sejenak agar bisa pulih secepatnya, tapi aku akan segera kembali. Tak akan terlalu lama! Sekali lagi, maaf dan terima kasih, ARMY!"

5 dari 5 halaman

Cedera Sejak Lama

Sebelumnya, Big Hit Entertainment telah menjelaskan bahwa cedera bahu ini telah lama diderita Suga. Awalnya adalah cedera karena kecelakaan yang terjadi pada 2012 sebelum ia debut. Setahun kemudian, Suga mengalami terkilir di bagian tubuh yang sama.

Pelantun "Daechwita" ini terus mengalami sakit pada bahunya, hingga pada 2019 Suga menerima diagnosis sobeknya labral posterior di bahu kiri. 

Big Hit menjelaskan, "Ini berarti tulang rawan pada sendi bahunya sobek. Sejak saat itu, ia terus menerima sejumlah perawatan untuk mencegah cedera ini mempengaruhi aktivitasnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.