Sukses

Tantangan Rita Hasan dalam Berhijrah, dari Buka Hijab Sampai Tawaran Akting

Rita Hasan mengaku ingin tetap Istiqomah dalam berhijrah.

Liputan6.com, Jakarta Artis sinetron Rita Hasan menjadi salah satu yang memutuskan untuk hijrah. Perubahan pun dilakukannya seiring dengan gaya hidupnya saat ini. Salah satunya adalah dengan mengenakan hijab. 

Namun cibiran juga diterimanya. Rita Hasan yang banyak bermain dalam sinetron sebagai peran antagonis ini mengaku banyak rintangan yang dihadapinya saat memutuskan untuk berhijrah sejak dua tahun yang lalu.

“Sepi job iya, nggak laku, ditambah lagi pandemi Corona. Ini tantangan buatku juga. Hijrah itu nggak mudah. Jika selama ini bergelimang dengan kemewahan, sekarang harus berjuang. Jujur, aku saat ini nggak ada penghasilan dari dunia hiburan, cuma dari bisnis kecil-kecilan aja," ujar Rita Hasan saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Saat memutuskan untuk berhijrah, dirinya tidak ingin merepotkan orang lain. Walaupun dari sisi penghasilan jauh merosot, sebisa mungkin dirinya harus terus ikhtiar.

“Pernah sempat syuting pakai wig beberapa kali, tapi sekarang sudah nggak bisa lagi. Ya sekali lagi ini tantangan buatku. Ditambah lagi pandemi Corona kan. Ya.. aku coba bisnis di Bali aja," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tantangan

Tantangan berhijrah pun datang saat ada tawaran membuka hijabnya demi sebuah peran. 

"Ada peran bagus kemaren, tapi disuruh buka hijab. Itulah godaannya, dibilang udahlah kamu kan belum nikah ini, ntar aja kalau udah nikah baru berhijab," ungkapnya.

 

3 dari 5 halaman

Titik Balik

Titik balik dirinya hijrah pun dirasakannya sebagai sebuah jalan yang sudah dipersiapkan Allah. 

"Setelah mamah meninggal, aku merasa Allah menegurku dengan cara lain. Saat itu kita kecelakaan, dan aku merasa kematian sudah dekat, tapi aku belum siap," cerita Rita.

 

4 dari 5 halaman

Istiqomah

Dirinya pun mencoba istiqomah dalam berhijrah, salah satu caranya dengan menambah ilmu. Ikut kajian agama dan mencari guru yang tepat dilakukannya guna menunjang niat istiqomah ini. 

"Eddies Adelia ngundang kajian Kamis besok misalnya. Pergaulan kita memang harus diarahkan seperti itu, kalau lingkungan nggak dirubah ya nggak bisa," ucapnya.

 

5 dari 5 halaman

Pesan

Dirinya pun punya pesan bagi artis dan selebritis yang ingin berhijrah. "Bismillah aja, hijrah itu bukan datang sendiri tapi juga dicari. Kita sama-sama belajar," ujar wanita yang sempat diisukan berhijrah hanya untuk jadi Caleg ini. 

Rita sendiri sebaliknya dipesankan oleh salah satu guru agamanya, Ustadz Abdul Maliki untuk tetap istiqomah.

“Itu yang paling mahal, istiqomah tidak hanya lahir, tapi batin juga. Nggak gampang memang. Ingat saat Rasullah saat hendak hijrah ke Madinah, tantangannnya luar biasa berat, bahkan sampai mau dibunuh. Jadi kita itu nggak ada apa-apanya dibanding beliau. Minimal, Rita bisa berhijrah untuk dirinya sendiri," ujar pengasuh Yayasan Hafara, Depok ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini