Sukses

Umi Pipik Terapi Sedot Lintah untuk Obati Tumor Kelenjar Getah Bening

Umi Pipik pilih pengobatan alternatif untuk menyembuhkan tumor kelenjar getah bening

Liputan6.com, Jakarta - Pipik Dian Irawati atau yang akrab disapa Umi Pipik, diketahui mengidap tumor kelenjar getah bening. Penyakit tersebut diderita istri mendiang Ustaz Jefri Al Buchori sejak beberapa tahun lalu, dan memaksanya rutin menjalani pengobatan.

Selama tiga tahun belakangan, kata Umi Pipik, ia memilih menyembuhkan penyakit yang diidapnya dengan pengobatan alternatif. Terapi sedot lintah dan akupuntur yang sering dilakukan  Umi Pipik demi kesembuhannya.

"Ya alternatif aja sih sedot lintah, akupuntur, minum herbal. Tiga tahun berjalanlah," ujar Umi Pipik ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (13/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Enggan Operasi

Sebelumnya, Umi Pipik sempat rutin memeriksakan kondisinya ke dokter lantaran kesehatannya kian hari semakin menurun. Namun saat diminta menjalani operasi, Umi Pipik enggan melakukannya.

"Drop pada 2018 ya itu sempat di Rumah Sakit Pondok Indah sini. CT scan-nya di situ dan disuruh operasinya di situ tapi saya enggak mau," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Olahraga

Untuk membantu proses penyembuhannya, Umi Pipik dianjurkan untuk rajin berolahraga. Diakuinya tidak ada treatment khusus yang ia jalani selain hal itu.

"Harus rutin olahraga," kata Umi Pipik.

4 dari 4 halaman

Kondisi Kesehatan

Dijelaskan Umi Pipik, kini benjolan yang ada di lehernya sudah hilang. Kendati demikian ia tetap harus menjaga pola hidupnya.

"Alhamdulillah sudah enggak ada. Sudah sembuh. Karena udah 90 persen sudah sehat, jadi ya dijalanin aja aktivitas normal seperti biasa. Dijaga jangan capek aja," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.