Sukses

Sebelum Gal Gadot 6 Aktris Ini Pernah Jadi Cleopatra, Nomor 3 Nyaris Bikin Bangkrut Produser

Gal Gadot didapuk menjadi Cleopatra versi terbaru. Dalam catatan kami, ia bukan satu-satunya aktris yang pernah memerankan Cleopatra. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira bagi para pencinta sinema khususnya penggemar Gal Gadot. Sang Wonder Woman didapuk menjadi pemeran Cleopatra dalam proyek layar lebar besutan studio raksasa Paramount.

Cleopatra versi terbaru kembali menyatukan Gal Gadot dengan Patty Jenkins, sutradara Wonder Woman dan sekuelnya, Wonder Woman 1984. Kabar Gal Gadot jadi Cleopatra bikin geger dunia.

Peran ini diyakini para kritikus membuat karier Gal Gadot mengangkasa. Dalam catatan Showbiz Liputan6.com, Gal Gadot bukan satu-satunya aktris yang memerankan Cleopatra. Siapa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Theda Bara

Sineas J. Gordon Edwards memproduksi Cleopatra bersama tiga penulis naskah Adrian Johnson, Emile Moreau, dan Victoren Sardou. Theda Bara yang lahir pada 1885 didapuk menjadi Cleopatra.

Kala itu komite Academy Awards belum terbentuk sehingga nyaris tak ada apresiasi level festival untuk Cleopatra rilisan 1917. Akting Theda Bara disebut mampu “memimpin” alur cerita. Tutup usia pada 1955, namanya diabadikan di walk of fame Hollywood Boulevard lima tahun kemudian.

 

3 dari 7 halaman

2. Claudette Colbert

Tujuh belas tahun sejak Theda Bara, Claudette Colbert menghidupkan kembali Sang Satu dari Mesir. Ditangani sineas legendaris Cecil B. DeMille, Claudette Colbert berhasil lepas dari bayang-bayang Theda Bara.

Film ini meraih lima nominasi Oscar termasuk Film Terbaik. Cleopatra versi 1934 menang kategori Sinematografi Terbaik. Claudette Colbert mengantar Cleopatra menjadi film epik paling ambisius pada eranya.

4 dari 7 halaman

3. Elizabeth Taylor

Ini adalah film Cleopatra terbaik sekaligus paling kontroversial dalam sejarah sinema. Memborong sembilan nominasi Oscar, Cleopatra versi sineas Joseph L. Mankiewcz menang empat piala. Banyak kehebohan yang menyertai proses syuting hingga perilisannya.

Melansir laman Wikipedia, Cleopatra (1963) semula dibiayai 2 juta dolar AS namun bujet produksi membengkak hingga 44 juta dolar AS. Jika diukur mengikuti laju inflasi masa kini, biaya itu setara dengan 370 juta dolar AS (sekitar 5,5 triliun rupiah). Termahal dalam sejarah dunia. Konon pembengkakan biaya ini membuat produser nyaris bangkrut. Untung cuma nyaris.

5 dari 7 halaman

4. Leonor Varela

Berikutnya, Cleopatra menyeberang ke layar kaca. Hadir dalam format serial mini, sang ratu diperankan aktris Leonor Varela. Muncul di dua episode tapi berhasil menyita perhatian penonton.

Melansir dari data IMDb, serial mini ini diproduksi pada 1999. Secara kualitas layak disanjung mengingat Cleopatra versi ini diganjar empat nominasi Primetime Emmys untuk kategori teknis.

6 dari 7 halaman

5. Asterix and Obelix: Mission Cleopatre

Berbareng dengan fenomena film Asterix and Obelix di awal millennium baru, Clepoatra muncul di jilid Mission Cleopatre (2002). Pemerannya pun enggak kaleng-kaleng yakni Monica Bellucci.

Meski bukan pemeran utama, tetap saja kecantikan Monica Bellucci menyedot atensi penonton. Ia adalah daya tarik yang sulit ditepis. Menakjubkan adalah kata yang dipakai mayoritas penonton dalam menggambarkan Cleopatra versi Mbak Monica.

7 dari 7 halaman

6. Ellie Goffe

Tak hanya diproyeksikan di layar putih, Cleopatra dibingkai dalam format FTV. Salah satunya diproduksi tahun 2016 dengan judul lumayan panjang, Cleopatra: Mother, Mistress, Murderer, Queen.

Aktris Ellie Goffe dipercaya sineas Ben Reid untuk menghidupkan sosoknya. Dalam FTV ini, dia digambakan sebagai wanita cantik yang memanfaatkan sex appeal-nya untuk memanipulasi pria terkuat Romawi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.