Sukses

BTS Tak Dapat Pengecualian dari Pemerintah, Tetap Harus Jalani Wamil

Bila BTS tak mengajukan permohonan penundaan, Jin adalah yang pertama harus berangkat wamil.

Liputan6.com, Seoul - Sejak popularitas BTS meledak dalam tiga tahun terakhir, wacana mengenai wajib militer mereka tiba-tiba mengemuka.

Sejumlah pihak menilai RM dkk layak untuk mendapat pengecualian karena besarnya kontribusi mereka terhadap Korea Selatan, tapi ada juga yang kontra. Sementara pihak BTS sendiri tak berkomentar soal ini.

Dilansir dari The Korea Times, Sabtu (10/10/2020) Military Manpower Administration atau MMA pada Jumat kemarin mengumumkan bahwa pihaknya tidak mendukung wacana pengecualian bintang pop dari wamil.

Ini adalah pertama kalinya MMA bersuara soal perdebatan mengenai wamil BTS. Dalam pernyataannya, badan yang berada di bawah Kementerian Pertahanan Nasional ini menggunakan alasan keadilan dan persamaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ada yang Mendapat Pengecualian

Sekadar informasi, dalam aturan yang ada saat ini, MMA bisa mengeluarkan pengecualian wajib militer untuk atlet Olimpiade, seniman, atau musikus klasik.

Namun MMA merasa belum perlu memasukkan artis pop dalam daftar yang bisa mendapat pengcualian ini.

3 dari 5 halaman

Tak Dimasukkan

"Dalam pertemuan dengan organisasi terkait pada 21 November lalu, kami memutuskan untuk tidak memasukkan artis pop sebagai yang bisa mendapat pengecualian, karena hal ini tak seiring dengan sikap dasar pemerintah untuk meningkatkan keadilan dan persamaan dalam implementasi wajib militer, dan keputusannya belum berubah," begitu isi pernyataan tertulis MMA, atas pertanyaan salah satu wakil dari pihak oposisi.

4 dari 5 halaman

Opsi Lain

Namun MMA membuka opsi lain, yaitu penundaan wamil untuk idola K-Pop.

"Untuk penundaan wamil bintang pop, revisi undang-undang Wajib Militer tengah menunggu di Majelis Nasional, jadi akan memeriksanya bersama kementerian terkait," tutur MMA.

5 dari 5 halaman

Jin yang Pertama

Revisi yang dimaksud, diusulkan oleh anggota senat dari Partai Demokrat Korea, Jeon Yon Gi ,pada bulan lalu. Isinya adalah mengizinkan bintang pop untuk menunda kewajiban mereka hingga usia 30 tahun. 

Allkpop mencatat bahwa dalam peraturan yang berlaku sekarang, pria Korsel mesti mengajukan permohonan bila ingin menunda wamil.

Bila BTS tak mengajukan permohonan ini, Jin adalah yang pertama berangkat. Ia harus menunaikan kewajibannya dalam dua tahun ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.