Sukses

Pesan Mendalam Padi Reborn di Lagu Ingat Pesan Ibu

Padi Reborn baru saja meluncurkan single melawan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Grup band Padi Reborn ingin berbuat sesuatu di saat pandemi Covid-19. Sebagai band, PAdi Reborn pun baru saja merilis sebuah lagu pendek berjudul “Ingat Pesan Ibu”. Lagu ini dimaksudkan sebagai pengingat masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. 

Perilisan lagu pendek ini merupakan kerjasama antara Padi Reborn dengan Satuan Tugas  (Satgas) Penanganan Covid-19. Band yang terdiri dari Fadly (vokal), Piyu (Gitar), Rindra (bas), Yoyo (drum), dan Ari (gitar) diajak menjadi bagian dalam upaya pemerintah menyebarluaskan pesan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan dan mencegah penularan virus.

“Lagu Ingat Pesan Ibu ini kami harap bisa menjadi bentuk edukasi yang mudah diterima dan mengubah perilaku masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Selalu menerapkan protokol kesehatan 3M jika keluar rumah, ataupun berinteraksi dengan orang lain,” ujar gitaris Satriyo Yudi Wahono yang akrab disapa Piyu, dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Dalam proses penciptaan lagu berdurasi sekitar 30 detik ini, para personil Padi Reborn sepakat menggunakan judul “Ingat Pesan Ibu”. Menurut Fadly, ibu adalah sosok yang paling berharga, dihormati, dan paling dicintai oleh setiap orang. Dengan begitu, Padi Reborn ingin agar pesan positif yang disampaikan lewat lagu tersebut bisa diterima secara baik, serta terasa personal untuk para pendengar.

“Karena karakter ibu adalah seorang yang benar-benar kita dengarkan, yang doanya tembus hingga langit ke-7. Semua kemuliaan-kemuliaan itu ada di ibu. Pesan ibu itu pasti selalu ingin keluarganya selalu sehat dan doanya pasti terkabul,” ujar vokalis bernama lengkap Andi Fadly Arifuddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kerjasama

Ihwal kerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 hingga menelurkan lagu tersebut, diawali dari komunikasi antara Padi Reborn dengan Ketua Bidang Perubahan Perilaku - Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Darmadi. Sebagai musisi, Padi Reborn tergerak untuk mendukung sosialisasi penanganan Covid-19 melalui musik yang menjadi bidang mereka. 

“Musik adalah bahasa universal. Melalui lagu ini semoga masyarakat menjadi terbiasa dan menjadi kebiasaan positif untuk menerapkan 3M. Karena masing-masing dari kita punya tanggung jawab untuk saling menjaga diri. Dengan menjaga diri, otomatis menjaga orang-orang di sekitarnya. Mudah-mudahan pesan dari lagu ini bisa ditangkap dengan baik oleh semua kalangan dan usia,” tutur Rindra Noor.

 

3 dari 5 halaman

Tersingkat

Satu hal yang menarik, “Ingat Pesan Ibu” adalah lagu dengan durasi terpendek dan proses penciptaan dengan waktu tersingkat yang pernah dibuat oleh Padi Reborn. Mereka mengemas notasi musiknya dengan aransemen pop yang sederhana, easy listening, bertempo up beat, serta penggunaan lirik yang mudah dicerna. Padi Reborn hanya menghabiskan waktu satu hari untuk penciptaan lagu dan satu hari lagi untuk proses rekaman. 

Perihal lirik lagu, Satgas Penanganan Covid 19 juga terlibat dalam menyusun setiap kalimat hingga pesan yang keluar dirasa tepat. “Saat menciptakan lagu dan menyusun lirik kami berdiskusi dengan Satgas Penanganan Covid-19. Karena untuk menyesuaikan nada dan liriknya itu tidak mudah. Sempat ada beberapa kali perombakan lirik. Jadi 3M itu yang harus masuk di lirik lagunya,” ujar Ari, gitaris bernama lengkap Ari Tri Sosianto.

 

4 dari 5 halaman

Diciptakan

Surendro Prasetyo atau Yoyo menambahkan, lagu “Ingat Pesan Ibu” diciptakan bersama-sama semua personil Padi Reborn. Fadly yang sehari sebelumnya sudah memiliki gambaran tentang musiknya, dilanjutkan bersama-sama melalui sesi jamming dan workshop hari selanjutnya. 

“Alhamdulillah prosesnya cepat dan lancar. Yang jadi concern kami adalah kalimat harafiah seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak, itu yang agak sulit untuk dijadikan lirik lagu. Tantangannya bagaimana supaya bisa nge-blend dengan musiknya. Dan pada akhirnya memang inti pesannya tersampaikan dan cocok sama musiknya,” ujar Yoyo.

 

5 dari 5 halaman

Energik

Lagu pendek “Ingat Pesan Ibu” yang dikemas dalam format video berdurasi 30 detik sudah diunggah di akun Instagram Official @padiband. Video menampilkan para personel yang tampil energik dan kompak mengenakan masker serta menjaga jarak dalam sebuah studio dengan tata lampu sorot yang berkilauan. Video juga menampilkan setiap lirik lagu agar pesannya dapat dengan mudah ditangkap oleh penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.