Sukses

6 Fakta Joy Tobing Positif Corona Covid-19, Tertular dari Job Manggung di Luar Kota

Joy Tobing menambah deretan selebritas yang terkena Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Joy Tobing menambah deretan selebritas yang terinfeksi Covid-19. Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini terkejut saat mengetahui hasil swab test atau uji usap dirinya positif terpapar virus corona.

Sebelumnya, kondisi kesehatan Joy Tobing menurun. Pelantun "Karena Cinta" merasa di tenggoroknya ada yang tak beres. Joy Tobing bercerita, sebelum mengalami sakit tenggorok, ia kena flu. Joy Tobing berpikir, itu karena faktor cuaca.

"Memang di akhir bulan Agustus itu kakak merasakan demam, flu, batuk. Kakak pikir hanya demam biasa, karena kalau kita kurang fit namanya juga cuacanya lagi enggak baik ya demam sama batuk," ucap Joy Tobing dalam sebuah video di kanal YouTube Cumi Cumi yang tayang pada 30 September 2020. Berikut, 6 fakta Joy Tobing terpapar virus corona Covid-19 yang dirangkum Showbiz Liputan6.com.

 

 

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jadwal Padat

Joy Tobing mengakui jadwal manggungnya begitu padat selama pandemi Covid-19. Sejak Agustus, aktivitas bernyanyi tak berkurang. "Bulan Agustus itu memang banyak kegiatan acara baik secara virtual, live streaming, atau acara ke luar kota," Joy Tobing menguraikan.

3 dari 7 halaman

2. Timbul Gejala

Di akhir Agustus 2020, Joy Tobing mulai merasakan gejala seperti demam, flu, dan batuk. "Tapi masuk awal September tenggorok kakak mulai enggak enak," ungkap pemilik album Terima Kasih.

4 dari 7 halaman

3. Hasil Rapid Test

Joy Tobing lantas ke rumah sakit untuk menjalani rapid test. Hasilnya kala itu, nonreaktif.

"Tanggal 1 September kakak bersama Joshua (anak) bersama Mama pergi ke rumah sakit untuk rapid test karena tanggal 4 September, kakak ada acara di luar kota. Kan diwajibkan kalau mau terbang, harus ada surat keterangan dokter sehat ya. Kami rapid test dan hasilnya nonreaktif," katanya.

5 dari 7 halaman

4. Nyanyi ke Luar Kota

Beberapa hari kemudian Joy Tobing pergi ke luar kota untuk menghadiri suatu acara. Di sana, Joy Tobing merasakan gejala seperti sebelumnya. Bedanya, kali ini disertai batuk gatal.

"Selama kakak berada di luar kota, subuh-subuh selalu terbangun karena batuknya batuk gatal. Jam 4-5 itu selalu terbangun. Kakak belum menyadari, di luarnya normal, di dalamnya panas. Jadi waktu habis nyanyi itu, kakak merasakan keringat dingin. Nah pulang dari luar kota tanggal 7 masih tampil di salah satu televisi swasta untuk talk show," ia membeberkan.

6 dari 7 halaman

5. Indera Penciuman Terganggu

Salah satu gejala yang dirasakan Joy Tobing, indera penciuman dan pendengaran mulai terganggu. "Nah pulang dari talk show sampai di rumah merasa enggak enak karena beberapa hari belakangan penciuman terganggu dan pengecapan rasa di lidah itu mulai aneh," Joy Tobing menjelaskan.

"Kakak juga merasakan penciuman bau-bau asap kayak kebakaran. Kakak pikir di acara itu ada orang merokok. Karena sedang batuk flu bau-baunya tinggal di hidung," ujarnya.

7 dari 7 halaman

6. Positif Covid-19

Joy Tobing menempuh uji usap. Hasilnya positif. Ia syok dan menangis. "Di kedokteran sekarang ada yang swab test dengan Antigen dan bisa ketahuan hasilnya langsung, dan ternyata positif," aku Joy Tobing.

"Itu syok. Sudah mikirnya 'Aduh Tuhan apakah aku bisa melihat matahari besok' sampai nangis," pungkas penyanyi kelahiran Jakarta, 20 Maret 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.