Sukses

Viral Najwa Shihab Wawancara Kursi Kosong, Menteri Terawan Tak Kunjung Datang

Senin (28/9/2020) malam, jagat maya digemparkan aksi Najwa Shihab mewawancara kursi kosong. Seolah Menteri Terawan duduk di situ.

Liputan6.com, Jakarta “Pandemi belum mereda dan terkendali karenanya kami mengundang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto,” begitu sapa Najwa Shihab yang menjabat tuan rumah Mata Najwa.

Najwa Shihab berpendapat, tak ada sosok yang lebih tepat bicara kepada publik, kepada kita, memberi penjelasan tentang situasi sebenarnya dan sejauh apa penanganan yang dilakukan negara.

Lagi Najwa Shihab menambahkan, adalah Terawan yang punya wewenang, akses anggaran, dan pemberi arahan. Pastilah di atas sana beradu banyak kepentingan namun Sang Menteri semestinya orang paling gencar (yang) memperjuangkan kepentingan kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Bisa Lepas dari Pundaknya

Ini terekam dalam video berdurasi 4 menit 22 detik bertajuk “#MataNajwaMenantiTerawan” yang mengudara di kanal YouTube pada Senin (28/9/2020). Di awal tidak ada yang aneh.

“Presiden terus membentuk tim berbagai rupa, Menteri-menteri lain juga sudah angkat suara. Namun sementara jabatan masih di tangan, tanggung jawab terbesar tidak bisa lepas dari pundaknya,” Najwa Shihab menyambung.

3 dari 5 halaman

Wawancara Kursi Kosong

Untuk ke sekian kalinya ia mengundang Menteri Kesehatan RI bahkan kursi “panas” berikut panggung lengkap dengan lampu sorot siap menyongsong kedatangan Terawan Agus Putranto. Sayang, yang diundang belum berkenan hadir.

Dalam video tak dijelaskan alasan Terawan enggan memenuhi undangan Najwa Shihab. Yang terjadi kemudian bikin warganet geger. Najwa Shihab mewawancara kursi. Sekali lagi, mewawancara kursi yang seharusnya diduduki Menteri Terawan. 

4 dari 5 halaman

Tak Terlalu Penting?

Interviu dimulai dengan sebuah pertanyaan menusuk. “Mengapa menghilang, Pak? Anda minim sekali muncul di depan publik memberi penjelasan selama pandemi. Rasanya Menteri Kesehatan yang paling low profile di seluruh dunia selama wabah ini hanya Menteri Kesehatan Republik Indonesia,” tanya Najwa.

“Atau kehadiran Menteri Kesehatan di muka publik memang Anda rasa tidak terlalu penting?” presenter kelahiran Makassar, 16 September 1977 mencecar kursi kosong. 

5 dari 5 halaman

Waktu dan Tempat Dipersilakan

Dalam hitungan menit tagar #MataNajwaMenantiTerawan jadi salah satu yang populer di Twitter. Di pengujung wawancara, Najwa Shihab menyadari pandemi tak bisa diselesaikan sendirian.

“Tapi kami berharap Anda setidaknya bersedia untuk memberi gambaran. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, waktu dan tempat dipersilakan,” pungkas Najwa Shihab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.