Sukses

Jatuh Bangun Armand Maulana, Ikut Festival Musik Pelajar hingga Minta Pekerjaan ke Wartawan

Armand Maulana menceritakan perjalanan bermusiknya yang dimulai dari nol.

Liputan6.com, Jakarta - Armand Maulana dianggap sebagai musikus yang menginspirasi jutaan penggemarnya di Indonesia. Lagu-lagu yang dibawakannya bersama band GIGI, sukses membuat pencinta musik di Indonesia terkesan, bahkan mengaguminya hingga kini.

Jauh sebelum terkenal sebagai vokalis band GIGI, Armand Maulana tentu memiliki cerita perjuangan menapaki industri musik. Hal itu terjadi di tahun 1989, saat Armand Maulana pertama kali memperkenalkan suaranya di ajang festival musik.

Melalui bincang-bincang bersama pengamat musik Bens Leo melalui fitur Instagram Stories, 24 September 2020, diketahui fakta Armand Maulana mengawali karier bermusiknya bersama grup band SMA 5 Bandung, Jawa Barat. 

Band pertamanya itu memberanikan diri untuk mengikuti festival pelajar se-Jawa dan Bali. Tak disangka, band SMA 5 Bandung keluar sebagai juara umum. Dan untuk pertama kalinya, pecinta musik hafal dengan Armand Maulana, yang di masa depan menjelma menjadi vokalis besar bersama GIGI.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Vokalis Terbaik

Festival musik tersebut juga mendapuk Armand Maulana sebagai vokalis terbaik. Tak terbayangkan olehnya, di masa muda, pelantun lagu "Kamu" sudah mendapat modal berharga dari sebuah festival yang diikuti puluhan grup band. 

 

 

3 dari 5 halaman

Peran Bens Leo

Armand Maulana kemudian menyadari jika momen tersebut tak lepas dari peran Bens Leo, wartawan musik yang juga menjadi juri di festival musik yang diikuti Armand Maulana bersama grup band SMA 5 Bandung. 

"Sebenarnya saya ini dilahirin sama Mas Bens (Leo) ya," Armand Maulana mengenang pertemuannya dengan Bens Leo untuk kali pertama. Armand Maulana juga memuji kejelian Bens Leo dalam mencari bakat tak biasa peserta festival musik.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Minta Pekerjaan

Armand Maulana akhirnya terus berhubungan baik dengan Bens Leo. Sampai-sampai, Armand Maulana pernah meminta dicarikan pekerjaan kepada Bens Leo, yang kala itu masih aktif sebagai wartawan musik untuk sebuah media cetak.

"Saya bilang ke Mas Bens, saya diterima di UI (Universitas Indonesia), kasih saya kerjaan dong. (Bens Leo bilang) 'Ya sudah sini main ke Tebet. Pas main, Mas Bens ngasih kaset buat ikut Festival Lagu Perjuangan. Mas Bens bilang waktu itu, nyanyiin nih lagu, nanti bakal disiarin di teve, wah senang banget dikasih kesempatan. Di situ juga saya dapat lagi juara," suami Dewi Gita ini mengenang dengan memutar memori ingatannya di masa lalu.

 

 

5 dari 5 halaman

Jadi Penyanyi Terkenal

Tak disangka, arahan Bens Leo yang meminta Armand Maulana kembali ikut festival musik yang disiarkan di televisi, berujung tawaran tampil dengan porsi lebih besar. Armand Maulana menceritakan, selain langganan tampil di TVRI, ia juga dipercaya mengisi kekosongan personel Trio Libels.

"Enggak nyangka sih Mas, yang tadinya cuma mau minta kerjaan untuk jadi panitia acara musik tiba-tiba dikasih job nyanyi, alhamdulillah sampai sekarang," kenang Armand Maulana.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.