Sukses

Rapper Blasteran Swiss - Indonesia Swerte Tuangkan Keluh Kesah Lockdown Lewat Single Esso

Swerte juga sempat menjadi opening act untuk show Dewi Sandra di akhir tahun 90-an.

Liputan6.com, Jakarta - Swerte, rapper blasteran Indonesia-Swiss yang kini berkarier di Dubai, akhirnya kembali ke skena musik hip hop dengan single debutnya berjudul "Esso". Swerte sejatinya bukan nama baru di dunia hiburan Tanah Air, ia merupakan rapper yang sempat membentuk grup bernama The Southsiderz di Indonesia.

Swerte juga sempat menjadi opening act untuk show Dewi Sandra di akhir tahun 90-an. Sepanjang kariernya, Swerte telah merilis 3 Mixtape dengan judul “The Mini Mixtape Series” sekaligus project bernama “Raconteur” yang membuatnya kembali ke Indonesia untuk tampil di beberapa show.

Swerte terkenal sebagai rapper yang cerdas memainkan kata-kata. Selain menjadi rapper, Swerte juga mengelola The Recipe di Dubai sekaligus mengurus kegiatan grup tersebut bersama label tempatnya bernaung.

Swerte menghabiskan 10 tahun waktunya sebagai member dari The Recipe yang juga sempat menjadi opening act dari beberapa artis internasional seperti Snoop Dogg, Rick Ross, Dave East, Koffee, dll. Kini Swerte siap kembali menggebrak dunia musik dengan single debutnya "Esso".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi bersama Saykoji

Tidak sendiri, Swerte juga mengajak Freek, Drill Artist dari Arab sekaligus musisi rap asal Indonesia, Saykoji. Diproduseri Mjeezy, lagu ini tidak hanya dibawakan dalam 1 bahasa saja.

 

3 dari 4 halaman

Tiga Bahasa

"Tiga bahasa berbeda ditampilkan dalam ‘Esso’, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Arab yang walaupunberbeda-beda tetap dapat menjadikan lagu ‘Esso’ ini satu kesatuan yang luar biasa," tulis pihak Swerte melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com pada Selasa (15/9/2020).

 

4 dari 4 halaman

Lockdown

"Esso" sendiri bercerita tentang perasaan masing-masing artis serta hal-hal yang mereka alami selama lockdown dan beberapa kejadian yang sudah terjadi selama tahun 2020, "protes, kekecewaan, juga rasa syukur tertuang lengkap di dalam lagu ini," sambungnya.

Ditambah kemampuan Swerte untuk memainkan vocal dengan autotune sekaligus membawakan lirik secara cepat lengkap dengan anthemic drill beat yang kuat membuat ‘Esso’ adalah lagu yang tepat untuk menjadi single debut Swerte.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.