Sukses

Dua Tahun Terpisah, Reza Bukan Yakin Anak-Anak Mengerti Dirinya Bukan Orang Jahat

Reza Bukan bercerita bagaimana ia harus terpaksa menutupi fakta kepada anak-anaknya bahwa ia ditangkap polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Reza Bukan akhirnya menghirup udara bebas. Reza Bukan menjadi salah satu narapidana yang menerima program asimilasi Covid-19 dan bebas pada 18 Agustus lalu.

Setelah bebas, Reza Bukan berbagi pengalamannya selama menghadapi berbagai cobaan yang menerpa hidupnya ini kepada Melaney Ricardo melalui vlog di kanal YouTube Melaney pada Rabu (2/9/2020).

Dalam video tersebut, Reza Bukan bercerita bagaimana ia harus rela meninggalkan dan terpaksa menutupi fakta kepada anak-anaknya bahwa ia ditangkap polisi.

"Begitu gue masuk itu Juli, anak gue ulang tahun padahal. Udah nyiapin di sekolahnya dia (perayaan), gue bilang gue kerja. 'Kerja di mana daddy?' 'I go to North Pole', jauh, gue bilang," kata Reza Bukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2 Tahun Lebih

Saat menceritakan tentang anak-anaknya, terdengar suara Reza Bukan begitu bergetar. Wajar saja, mengingat sudah dua tahun lebih Reza Bukan tidak bertemu dengan mereka.

3 dari 5 halaman

Kehilangan

Ditambah lagi, selama di penjara Reza Bukan melewatkan waktu untuk menyaksikan perkembangan anak-anaknya secara langsung. Untuk diketahui, saat ini Reza Bukan telah resmi bercerai dengan istrinya, dan anak-anaknya tinggal bersama mantan istrinya. 

"Gue kehilangan masa-masa pertumbuhan mereka. Karena umur enam dan tiga tahun. Itu kan lagi lucu-lucunya banget. Dan pasti mereka juga lagi butuh sosok ayah, tapi gue yakin Tuhan pasti lebih tahu itu semua, makanya gue serahin aja sama Tuhan," sambung Reza Bukan.

 

4 dari 5 halaman

Suatu Saat

Kendati demikian, Reza Bukan memiliki sebuah keyakinan bahwasanya suatu saat nanti, anak-anaknya mengerti apa yang sebenarnya terjadi. Setidaknya, anak-anak Reza Bukan percaya bahwa ayahnya bukanlah orang yang jahat.

"Gue yakin sih anak-anak gue nantinya akan mengerti bahwa gue bukan ayah atau papa yang jahat. Tuhan juga membentuk mereka pasti lebih supaya paham dan ngerti kondisinya gimana," lanjut Reza Bukan.

 

5 dari 5 halaman

Tak Menyesal

Terlepas dari itu semua, Reza Bukan tentunya mendapat pelajaran yang begitu banyak dari semua kejadian yang menimpanya ini. Reza Bukan menegaskan ia tidak sama sekali menyesalinya. Justru, ia bersyukur telah melewati masa-masa tersebut.

"Ini sebuah proses perjalanan hidup yang sekarang ini, gue enggak menyesal. Tuhan memperkenankan kita untuk mendapatkan segala proses yang gelap ini, yang nggak enak ini. Dan gue merasa terpilih," kata Reza Bukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.