Giring Ganesha Ingin Jadi Presiden, Berawal dari Krismon 98 dan Rumah Langganan Banjir

Oleh Ratnaning Asih pada 25 Agu 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 25 Agu 2020, 09:30 WIB
Giring Ganesha Djumaryo
Perbesar
Giring Ganesha juga telah melakukan deklarasi bahwa ia akan maju di Pilpres 2024 dalam konferensi pers secara daring.(Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Baliho Giring Ganesha dengan pernyataan siap maju ke Pemilu Presiden 2024 yang beberapa waktu lalu viral, ternyata bukan bualan belaka. Ia benar-benar telah mantap untuk bertarung menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Lewat Instagram miliknya, Giring Ganesha juga membagikan sebuah video berdurasi sembilan menit untuk menceritakan  keputusannya ini.

"Giring untuk Presiden 2024 Kenapa Saya Mencalonkan Diri Menjadi Presiden 2024? Simak video ini untuk mengetahui jawabannya," tulis Giring Ganesha di kolom caption unggahan pada Senin (24/8/2020) tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Krisis 1998

Giring Ganesha Djumaryo
Perbesar
Giring Ganesha Djumaryo. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Di awal video, Giring menjelaskan latar belakang dirinya dan keluarga. Termasuk dua momentum yang pada kemudian hari mendorongnya untuk terjun ke dunia politik.

Yang pertama ternyata ada hubungannya dengan Krisis Moneter 1998. Giring menyebut karena terimpit beban ekonomi, ayahnya terserang stroke dan meninggal dunia.

"Salah urus politik pada masa itu membuat hidup keluarga saya dan jutaan anak muda lain jadi sangat berat," kata dia. 

3 dari 5 halaman

Rumah Langganan Banjir

Giring Nidji Mau Jadi Anggota DPR RI
Perbesar
Giring Ganesha. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Yang kedua, adalah soal rumahnya. Giring menjelaskan bahwa selama bertahun-tahun rumah keluarganya di Jakarta adalah langganan banjir. Namun pada 2015 daerahnya tak banjir, dan ia berpendapat karena ini merupakan dampak dari kebijakan yang tepat.

"Pelan-pelan, saya sadar bahwa jika politik jatuh ke tangan yang tepat justru akan membawa manfaat bagi banyak orang," kata dia.

Seperti diketahui, pria 37 tahun tersebut terjun ke dunia politik sejak 2017 lalu dan menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia. Pemilu tahun lalu ia maju sebagai calon legislatif dari partai ini, tapi gagal lolos ke Senayan.

4 dari 5 halaman

Didukung Keluarga

Pada hari yang sama dengan perilisan video ini, Giring juga telah melakukan deklarasi bahwa ia akan maju di Pilpres 2024 dalam konferensi pers secara daring.

"Saya tahu ini juga akan berat buat keluarga saya tapi setelah diskusi panjang lebar dengan istri, ibu saya, mereka memberikan dukungan yang luar biasa," ujar Giring. 

5 dari 5 halaman

Anak Muda

Giring menyebut, sudah saatnya anak muda menjadi pemimpin Indonesia. "Sekarang waktunya anak muda," ucap dia.

Lanjutkan Membaca ↓