Sukses

Heboh Bu Tejo, Emak-Emak Julid yang Bikin Geregetan di Film Tilik

Bila sudah menonton Tilik, rasanya memang susah untuk tidak geregetan dengan sosok Bu Tejo.

Liputan6.com, Jakarta Seharian ini, Rabu (19/8/2020), nama Bu Tejo bertahan di urutan teratas trending topic Twitter Tanah Air. Isi percakapan di dalam topik ini, kebanyakan soal rasa geregetan soal sosok tersebut.

Pertanyaannya, siapa Bu Tejo?

Ia adalah satu karakter dalam film pendek Tilik, yang dirilis sejak 2018. Film ini baru beberapa hari diunggah di kanal YouTube Ravacana Films, tepatnya pada Senin (17/8/2020). Film berdurasi sekitar setengah jam ini, adalah kerja sama Ravacana dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dan bila sudah menonton film ini, rasanya memang susah untuk tidak geregetan dengan sosok Bu Tejo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Foto sampai Susuk

Tilik adalah bahasa Jawa yang berarti menjenguk. Dan film ini berkisah tentang perjalanan sekelompok ibu-ibu menjenguk Bu Lurah yang sedang dirawat di rumah sakit dengan menumpang truk. Di perjalanan, ada saja obrolan para ibu-ibu, mulai dari hoaks di internet, sampai topik paling hot, seorang kembang desa bernama Dian.

Nah, Bu Tejo adalah sosok yang paling ngegas dalam ngrasani Dian.

Dengan lihai, Bu Tejo menyetir opini ibu-ibu yang berimpitan dalam bak truk. Mulai dari menunjukkan foto Dian saat sedang bersama seorang lelaki, mempertanyakan pekerjaan yang dimilikinya, sampai menduga-duga apa wanita tersebut menggunakan susuk.

3 dari 6 halaman

Dilawan Yu Ning

Satu-satunya ibu-ibu yang berani menyanggah omongan Bu Tejo hanyalah Yu Ning. Tapi semakin dibantah, volume suara Bu Tejo kian keras dalam mencari dukungan dari ibu-ibu di sekelilingnya.

"Aku ki mung ngandani ibu-ibu iki lo, ben do waspada. Nek memang Dian kuwi wong wedhok sing ora nggenah. Ya tho? (Aku cuma pengin ngasih tahu ibu-ibu ini biar pada waspada. Kalau memang Dian itu perempuan nakal)," kata Bu Tejo.

 

4 dari 6 halaman

Lambe Bu Tejo

Penampilan aktris yang memerankan Bu Tejo ini, begitu membius warganet. Tak sedikit komentar kocak yang dicuitkan ke media sosial tentang hal ini.

"We have at least one of neighborhood "nyinyir" like bu Tejo (Setidaknya kita punya satu tetangga 'nyinyir seperti bu Tejo)", cuit @khoirulbadriyaa.

"Bu Tejo as lambe of the year," kata @penggandaan.

"Bu Tejo adalah tonggo2ku wkwkw," pemilik akun @sygrbby ikut berkomentar.

 

5 dari 6 halaman

Film yang Menarik

Bu Tejo dengan segala kenyinyirannya, memang menjadi magnet utama dalam film ini. Penonton merasa terhubung dengan karakter ini, karena "mengenal" sosok Bu Tejo ini di kehidupan nyata--walaupun dengan nama berbeda.

Di luar Bu Tejo yang diperankan dengan sangat baik oleh Siti Fauziah, Tilik adalah film yang sangat menarik. Dalam 30 menit, ada naik turun emosi dan klimaks yang terasa.

6 dari 6 halaman

Bahasa Jawa

Percakapan ibu-ibu yang hampir full berbahasa Jawa ini pun begitu cair dan organik, apalagi banyak tema yang akrab ditemui di kehidupan sehari-hari di dalamnya. Apalagi di sela-sela adegan, diselipkan sejumlah unsur humor--yang kadang berbumbu dewasa.

Di pengujung film yang disutradarai Wahyu Agung Prasetyo ini, giliran penonton yang seharusnya bertanya-tanya.

Siapa diri Anda di film Tilik? Bu Tejo si biang gosip, Yu Ning yang mencoba menjernikan situasi, atau Gotrek yang dikontrol lewat jeweran istri?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.