Sukses

Pujian Ganjar Pranowo untuk Bunga Salsabila, Vlogger Cilik Jago Bahasa Jawa Krama

Saat bertemu, Ganjar Pranowo dan Bunga Salsabila mengobrol santai dalam bahasa Jawa.

Liputan6.com, Semarang - Beberapa bulan lalu, sebuah video singkat tentang seorang gadis cilik bernama Bunga Salsabila viral di media sosial. Kontennya adalah video mukbang (menyantap makanan di depan kamera) satu ekor ayam utuh.

Bedanya, sepanjang video Bunga Salsabila menggunakan bahasa Jawa Halus atau Krama, dalam menerangkan pendapatnya. Kemampuan bicaranya ini membuat kagum warganet.

"Lupakan makan pitik jago 1 kg. Basa Jawa krama inggilnya yawlaaaaaa bikin nangis," tutur @AmbarwatiRexy yang mengunggah cuplikan video tersebut di Twitter pada Mei lalu, dan kini telah ditonton lebih dari 1,1 juta kali.

Setelahnya Bunga Salsabila konsisten mengunggah video berbahasa Jawa Krama. Beberapa waktu lalu, ia mengungkap keinginannya bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ngobrol Santai

Keinginan bocah asal Boyolali ini terkabul, ia bertemu Ganjar Pranowo. Momen pertemuan mereka diabadikan dalam unggahan video di akun YouTube sang Gubernur, Minggu (16/8/2020) lalu.

Dalam video bertajuk "TEMUI BUNGA SALSABILA, VLOGGER CILIK PINTER BAHASA JAWA," Ganjar Pranowo dan bocah kelas 6 SD ini mengobrol santai dalam bahasa Jawa.

3 dari 5 halaman

Hobi Nge-vlog

Salah satu yang dibicarakan adalah soal kegemaran Bunga membuat konten vlog. "Nge-vlog kok sering? Niku seneng nge-vlog, pengen jadi YouTuber, opo iseng?" tanya Ganjar Pranowo.

"Awalanipun iseng, tapi lama-lama jadi koyo, wah aku seneng," kata Bunga.

4 dari 5 halaman

Guru dan Gubernur

Ketika ditanya soal cita-cita, Bunga menjawab ia ingin jadi guru.

"Guru?" Ganjar Pranowo kaget, kemudian memberikan acungan jempol kepada Bunga. Tapi jawaban si gadis cilik ternyata belum selesai, ia juga ingin menjadi pemimpin daerah seperti Ganjar.

"Pangestunipun, kulo kepengen dadi gubernur," kata Bunga.

Pria berusia 51 tahun tersebut langsung menyambar, "Yo ora iso, siji-siji sik (Ya tidak bisa, satu-satu dulu)."

5 dari 5 halaman

Pesan Ganjar

Pulang dari bertemu Ganjar, Bunga Salsabila mendapat oleh-oleh berupa satu unit laptop. Tak hanya itu, Ganjar Pranowo meninggalkan sebuah pesan khusus kepada Bunga, yang juga ia bagikan di akun Instagram miliknya.

"Anaknya pinter dan hebat. Ingin mengenalkan kuliner tradisional dan bahasa Jawa ke dunia internasional karena di akun youtube atau instagramnya, penuh dengan video soal makanan tradisional dan berbahasa Jawa halus. Lanjutkan ya @bunga__salsabila , tetep semangat belajar," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.