Sukses

Maharaja 48 Band Sampaikan Pesan Kebhinekaan di Lagu Kita Indonesia

Menurut Maharaja 48 Band, Indonesia adalah sebuah ikhtiar dari jutaan orang berbeda-beda yang mencoba untuk hidup bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Maharaja 48 Band, grup musik rock asal Depok, Jawa Barat, memaknai HUT RI ke-45 dengan sangat mendalam. Menurut mereka, Indonesia tidak muncul dari ruang hampa, tetapi berakar pada tanah air serta elemen-elemen sosial-budaya yang telah lama hadir di Nusantara.

Menurut Maharaja 48 Band lagi, Indonesia adalah sebuah ikhtiar dari jutaan orang berbeda-beda yang mencoba untuk hidup bersama dalam satu komunitas.

“Kita adalah Indonesia. Sebuah penegasan tentang cita-cita yang saling menguatkan dan mengokohkan rasa nasionalisme kebangsaan,” ujar vokalis sekaligus gitaris Maharaja 48 Band, Amar Ma'ruf, kepada wartawan, di Sanggar Humaniora, Kota Bekasi, Minggu (16/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Momentum Berkarya

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia pun menjadi momentum untuk berkarya bagi Maharaja 48 Band. Mereka merilis single bertajuk, "Kita Indonesia".

Melalui lagu, grup musik yang berdiri sejak 4 Mei 2019 ini ingin mengingatkan kepda masyarakat betapa pentingnya kebhinekaan sosio-kultural Indonesia ke dalam kesatuan entitas negara dan bangsa.

 

3 dari 6 halaman

Mempersatukan Rasa

“Sebagai seniman musik, inilah yang dapat kami presentasikan lewat lagu 'Kita Indonesia'. Kami merasa musik dapat mempersatukan rasa, dan menumbuhkan kecintaan kepada negara Indonesia,” ungkap Amar, mewakili personel Maharaja 48 Band lainnya.

 

4 dari 6 halaman

Harapan

Amar juga mengharapkan lagu "Kita Indonesia" dapat menjadi bagian dari suara bagi kemeriahan perayaan HUT Ke-75 RI tahun 2020 ini.

“Musik harus bisa menunjukkan identitas ke-Indonesia-an. Budaya sebuah bangsa merupakan faktor penting untuk mengenali jati diri. Lagu "Kita Indonesia" sangat simultan untuk acara Agustusan,” terang Amar.

 

5 dari 6 halaman

Melawan Pandemi Covid-19

Masyarakat sudah lama sekali harus berada di rumah karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai hingga harus beradaptasi dengan kondisi baru Itu juga yang diangkat oleh Maharaja 48 Band.

“Maka selain tema nasionalis, lagu ‘Kita Indonesia’ juga menyoal pandemi Covid-19. Harapannya lagu ini bisa menyemangati masyarakat yang sedang dilanda pandemi sekaligus menghidupkan kembali kejayaan musik rock Indonesia,” harap Amar.

 

6 dari 6 halaman

Mengenal Maharaja 48 Band

Maharaja 48 Band diawaki oleh Amar Ma'ruf (vokal, gitar), Ale Funky (gitar), Irfan (bass), dan Fajar (drum). Mereka kerap mengedepankan musik slow rock bertema lagu nasionalis kebangsaan.

Selain "Kita Indonesia", Maharaja 48 Band juga sudah merilis beberapa lagu seperti "Mati Dipeluknya", "Tak Mencari Mati", "Bhinneka Dalam Nada", dan lagu "Durjana Dunia". Semua lagu itu merupakan karya cipta yang penataan musiknya dibuat oleh Amar Ma'ruf, di bawah label indie.

Gerakan indie, menurut Amar, merupakan sebuah alternatif yang memberi nuansa baru pada genre musik.

“Gerakan indie barangkali lebih leluasa, baik dari sisi kreatif genre maupun kemasannya. Tapi yang jelas musik harus dapat menjadi usaha kreatif. Bagian dari industri yang menjadi tulang punggung ekonomi,” ujar Amar yang juga bertindak sebagai executive producer proyek ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.