Sukses

Sambut HUT RI, Ini 6 Band yang Lagunya Layak Diputar Saat 17 Agustus

Lagu-lagu garapan Cokelat dan sejumlah grup musik asal Tanah Air ini terkadang diputar selama perayaan HUT RI.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 (HUT RI ke-75) pada Senin (17/8/2020) besok tentu akan semakin lengkap dengan pemutaran lagu-lagu bertema nasionalisme seperti yang pernah dibawakan Cokelat.

Ya, di Indonesia memiliki sejumlah band termasuk Cokelat yang sukses mengobarkan semangat kemerdakaan Indonesia dalam rangka menyambut HUT RI yang pertama kali jatuh pada 17 Agustus 1945.

Lagu-lagu garapan Cokelat dan sejumlah grup musik asal Tanah Air ini memang sudah sangat dikenal. Bahkan sebagian besar lagu mereka diputar pada sejumlah acara bertema HUT RI berskala nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Berirama Rock

Menariknya, hampir semua lagu milik para band ini mengusung genre musik rock. Dengarkan saja lagu milik Cokelat atau band NTRL (Netral).

3 dari 10 halaman

Mengobarkan Semangat

Namun, lirik yang dituliskan oleh pembuat lagu milik sejumlah band ini selaras dengan musiknya yang memang dibuat untuk mengobarkan semangat rakyat Indonesia.

4 dari 10 halaman

Siapa Saja?

Lantas siapa saja band yang pernah menciptakan lagu-lagu bertema nasionalisme dan seperti apa karya-karya mereka? Yuk kita simak selengkapnya berikut ini.

5 dari 10 halaman

1. Cokelat

Seperti disampaikan sebelumnya, Cokelat memiliki sebuah lagu yang mengobarkan semangat nasionalisme, yakni lagu "Bendera" ciptaan Eross Sheila On 7 yang sering diputar selama perayaan HUT RI.

Melodi gitar yang khas dan suara vokal mantan vokalisnya, Kikan, yang merdu namun garang, membuat lagu ini dikenang sepanjang masa sejak dirilis pada 2001 silam. Artinya, usia lagu ini sudah hampir dua dekade.

6 dari 10 halaman

2. NTRL

NTRL (sebelumnya dikenal sebagai Netral) juga memiliki satu buah lagu pengobar semangat nasionalisme, "Garuda di Dadaku".

Lagu ini awalnya merupakan soundtrack untuk film berjudul sama, namun lama kelamaan menjadi sebuah anthem tersendiri bagi sejumlah pertandingan.

7 dari 10 halaman

3. Superman Is Dead

Di luar kasus kontroversial yang menimpa pemain drumnya, Jerinx, Superman Is Dead memiliki sejumlah karya bertema nasionalisme, lo. Bila kita mendengar lagu-lagunya, trio asal Bali ini sering menyuarakan persatuan dan kesatuan tanpa membeda-bedakan.

Bahkan ada juga lagu bertema nasionalisme. Salah satunya adalah "Jadilah Legenda" yang mengangkat nama band bergenre punk ini. Bahkan bila kita resapi irama, lirik, dan komposisi musiknya, lagu ini sudah terdengar seperti sebuah simfoni.

8 dari 10 halaman

4. Pee Wee Gaskins

Pee Wee Gaskins yang sering membawakan lagu bergenre pop punk pun memiliki sebuah lagu bertema nasionalisme berjudul "Dari Mata Sang Garuda". Lirik dan lagu yang selaras, sanggup mengobarkan semangat perjuangan kita sebagai warga Indonesia.

9 dari 10 halaman

5. Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca memang selalu bergerak melalui jalur indie. Namun band asal Jakarta ini sering memasukkan lirik-lirik bermuatan sosial dan terkadang menyentil isu-isu politik.

Namun jangan salah, trio pengusung genre rock alternatif ini memiliki sebuah lagu bertema nasionalisme berjudul "Menjadi Indonesia" dari album kedua mereka, Kamar Gelap.

10 dari 10 halaman

6. God Bless

God Bless tentu bukan nama yang asing bagi para pecinta musik rock di Tanah Air. Bicara soal lagu bertema nasionalisme milik mereka, tentu saja "Rumah Kita" belum ada tandingannya, bahkan dengan lagu band mana pun.

Lirik, notasi, irama, dan aransemen musik yang harmonis, membuat pendengarnya lupa bahwa lagu ini dibawakan oleh grup bergenre rock. Bahkan sejak dirilis pada 1988 silam, "Rumah Kita" hingga kini masih sering diputar di sejumlah acara, termasuk saat perayaan HUT RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.