Sukses

Rossa Resmi Rilis Lagu Hati yang Kau Sakiti Versi Korea

Rossa meluncurkan lagu berbahasa Korea, "Sangcheo Badeun Maeum".

Liputan6.com, Jakarta - Rossa resmi meluncurkan single berbahasa Korea berjudul "Sangcheo Badeun Maeum". Ini merupakan versi Korea dari lagu "Hati yang Kau Sakiti" yang telah dirilis oleh Rossa pada 2009.

Lagu ciptaan Enda Ungu tersebut kemudian menjadi original soundtrack sejumlah sinetron di Indosiar yang bertema orang ketiga. Mengikuti kesuksesan sinetronnya, lagu ini kembali booming, meski sudah lama dirilis.

Dan dari sinilah awal mula pembuatan versi korea "Hati yang Kau Sakiti" dimulai. Dalam telekonferensi peluncuran singlenya via Zoom, Jumat (14/8/2020), Rossa mulai bercerita.

"Lagu ini hits jadi soundtrack sinetron stripping yang ditayangkan setiap hari, dari sore sampai malam. Sampai lagu ini disebut lagu Kebangsaan Rossa. Ketika saya lihat di banyak platform seperti TikTok, Instagram dan jadi meme, saya senang banget," kata Rossa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Orang Ketiga

Kebetulan, sinetron Indosiar yang menggunakan lagu ini sebagai soundtrack memiliki konsep cerita yang sama dengan drama Korea The World of Married kesukaan Rossa. Yaitu serial tentang hekarmonisan rumah tangga yang diganggu orang ketiga.

"Cerita cewek diselingkuhin suaminya. Waktu itu saya suka sama drakornya, sambil menunggu final episodenya, aku iseng banget telepon sahabat saya di Korea namanya Vita," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Translate

Kepada Vita, Rossa akhirnya meminta tolong agar lagu "Hati yang Kau Sakiti" dialihbahasakan ke bahasa Korea.

"Lalu Vita ajak sahabatnya lulusan Korea asli namanya Marsya. Dia ini ubah lirik lagunya," tutur artis berusia 41 tahun itu.

4 dari 5 halaman

Pelafalan

Diakui Rossa, tak mudah bernyanyi dengan bahasa Korea. Dia harus banyak berlatih agar tak ada salah pengucapan.

"Bacanya juga susah jadi memang ada perbedaan kadang-kadang 'El, kadang 'Er'. Jadi itu cukup sulit, tapi saat rekaman saya dibantu menjaga pronouncenya supaya benar, karena saya ingin menjaga setiap kata yang saya ucapkan supaya betul," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Iseng

Sebelum rekaman versi studio, beberapa bulan lalu Rossa juga telah merekam lagu ini secara iseng, yang kemudian diunggah di YouTube. Tak disangka responsnya sangat bagus.

"Pas awal saya ngerekam hanya di depan TV di rumah ditemanin sama roadmanajer saya. Kita rekam iseng sekali. Saya juga minta keyboardis saya, minta musik yang simple terus kita upload di YouTube dan ternyata jadi viral," Rossa mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.