Sukses

Jessica Mila Idap Skoliosis Sejak SMP, Ini Gejala yang Dirasakan

Usai mengaku mengidap skoliosis, Jessica Mila membeberkan gejala yang dirasakannya. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Jessica Mila belasan tahun mengidap skoliosis atau pembengkokan pada tulang punggung. Kali pertama, ia mengetahui pembengkokan tulang punggung ini saat SMP.

Awalnya Jessica Mila mengeluh sakit pada punggung yang menjalar ke bagian tubuh lain. Jessica Mila mengunjungi dokter kemudian divonis skoliosis.

"Gejalanya adalah suka pegal badannya. Di bagian tertentu tuh suka sakit, terus apalagi ya? Sebenarnya karena tulang belakang itu pusat semua saraf jadi tergantung kayak dia kenanya ke bagian saraf yang mana. Jadi setiap orang itu beda-beda," beber Jessica Mila.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gejala Tiap Orang Berbeda

Rupanya, Jessica Mila memiliki sahabat yang mengidap skoliosis. Gejalanya tak seperti yang dirasakan Jessica Mila.

"Ada teman aku yang dia kayak sesak napas jadinya. Ada yang jadi gampang migrain, ada yang jadi gampang pegal-pegal tangan sebelah kanannya atau kaki sebelah kirinya. Jadi setiap orang beda-beda," imbuh Jessica Mila yang ditemui di kawasan Kapten P. Tendean, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

3 dari 5 halaman

Pegal Banget

Biasanya Jessica Mila merasakan sakit di punggung saat terlalu lama berdiri atau duduk. "Kalau aku yang aku rasakan, sih lebih ke sakit bagian tertentu di punggung aku. Kalau misalnya aku berdiri terlalu lama atau duduk terlalu lama itu jadi pegal banget," beri tahunya.

4 dari 5 halaman

Mengganggu Aktivitas

Tak dimungkiri, skoliosis yang diderita Jessica Mila sangat mengganggu aktivitasnya. Jika sedang kambuh, ia tidak akan berdaya dan hanya bisa terbaring sambil menahan sakit.

 

5 dari 5 halaman

Enggak Bisa Ngapa-ngapain

"Sebenarnya mengganggu kalau misalnya lagi kambuh. Karena pas lagi kambuh itu benar-benar kita enggak bisa ngapa-ngapain. Kayak enggak bisa minum obat sesuatu begitu," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.