Sukses

7 Rekomendasi Film Bertema Nasionalisme yang Bisa Ditonton Gratis di Vidio Pekan Ini

Gie, Soekarno, Laskar Pelangi, Nagabonar, Garuda di Dadaku, dan sebagainya bisa ditonton gratis di seluruh platform streaming Vidio.

Liputan6.com, Jakarta Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-75, Vidio memberikan tujuh akses film bertema nasionalisme yang bisa ditonton secara gratis selama sepekan.

Khusus pekan ini, Vidio menyajikan film-film karya anak bangsa yang bukan cuma inspiratif, tetapi juga bisa membangkitkan jiwa patriotisme generasi muda.

Judul-judul seperti Gie, Soekarno, Laskar Pelangi, Nagabonar, Garuda di Dadaku, dan yang lainnya bisa ditonton sepuasnya tanpa perlu berlangganan paket Vidio Premier Platinum terlebih dahulu.

Ketujuh film tersebut bisa disaksikan di seluruh platform streaming Vidio mulai tanggal 10-17 Agustus 2020. Menariknya, Vidio juga menambahkan tiga subtitle bahasa daerah, di antaranya Jawa, Sunda, dan Batak.

Lalu, film-film apa saja sih yang bisa ditonton? Cek judulnya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Gie

Film biopik yang mengangkat kisah aktivis Soe Hok Gie ini dirilis pada 2005 silam. Aktor tampan Nicholas saputra didapuk untuk membintangi sosok tersebut. 

Gie sendiri adalah orang yang kritis. Ia aktif di berbagai pergerakan mahasiswa yang menentang praktik korupsi, penyelewengan, pelanggaran HAM, hingga kediktatoran di masa pemerintahan Presiden Sukarno dan Suharto.

Berkat perannya di film tersebut, Nicholas Saputra berhasil memboyong penghargaan di ajang Festival Film Indonesia 2005 sebagai aktor terbaik. Sinema besutan Riri Riza ini juga menang di kategori film terbaik.

3 dari 8 halaman

2. Laskar Pelangi

Kalau film yang satu ini pasti sudah tak asing lagi ditelinga para penikmat film Tanah Air. Yup, Laskar Pelangi. Diadaptasi dari novel laris karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi bercerita tentang sekelompok bocah Belitung yang bermimpi punya masa depan cemerlang.

Namun karena suatu hal, SD tempat mereka menimba ilmu terancam akan ditutup. Dengan segala upaya, Lintang, Ikal, Mahar, Harun, dan kawan-kawan berusaha mempertahankan sekolah mereka.

4 dari 8 halaman

3. Soekarno

Seperti judulnya, film Soekarno menceritakan kisah perjalanan Bung Karno untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Penuh makna dan pesan inspiratif, film arahan Hanung Bramantyo ini wajib banget untuk ditonton.

Apalagi menjelang kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. Yuk, nonton di Vidio sekarang.

5 dari 8 halaman

4. Laskar Pemimpi

Film bertema kebangsaan lainnya yang bisa ditonton gratis di Vidio adalah Laskar Pemimpi. Sri Mulyani (Tika Panggabean), Udjo (Udjo Project Pop), Tumino (Gugum Project Pop), dan Ahok (Oddie Project Pop) adalah korban Agresi Militer Belanda kedua pada tahun 1948.

Kelompok gerilyawan tersebut punya misi untuk menyelamatkan tiga tawanan Indonesia yang dibekap Belanda. Film yang naskahnya ditulis Monty Tiwa ini dibumbui humor segar, sehingga penonton tak akan merasa bosan.

6 dari 8 halaman

5. Garuda di Dadaku

Garuda di Dadaku juga bisa jadi tontonan yang pas menjelang hari jadi Indonesia yang ke-75. Bayu (Emir Mahira) punya cita-cita menjadi seorang pesepak bola profesional. 

Namun sayang, keinginannya untuk bergabung bersama Tim Nasional Indonesia justru ditentang oleh sang kakek. Mampukah Bayu meyakinkan kakeknya?

7 dari 8 halaman

6. Garuda di Dadaku 2

Kesuksesan Garuda di Dadaku membuat film ini mendapatkan sekuel keduanya bertajuk Garuda di Dadaku 2. Berbeda dengan film sebelumnya, kali ini sang sutradara lebih banyak menampilkan cuplikan pertandingan sepak bola. 

Dari segi konflik pun demikian, Bayu lebih banyak menghadapi persoalan yang cukup menarik. Dengan segala persoalan maupun konflik di sekelilingnya, Bayu harus berproses menjadi dewasa, dengan mengemban tanggung jawab sebagai kapten timnas.

8 dari 8 halaman

7. Nagabonar

Film Nagabonar yang diluncurkan pada 1987 silam dirasa pas untuk ditonton jelang momen HUT RI. Film patriotisme berbalut komedi ini bercerita tentang sosok Nagabonar (Deddy Mizwar). Ia dikisahkan sebagai mantan copet yang memiliki jiwa patriotisme. 

Nagabonar mengangkat dirinya sebagai seorang komandan sebuah laskar dan berjuang melawan Belanda. Di sisi lain, ia terlibat cinta dengan Kirana (Nurul Arifin), anak dokter yang berpihak kepada Belanda.

Itu tadi judul-judul film yang bisa ditonton gratis di Vidio jelang HUT RI yang ke-75. Bagi yang ingin menonton, bisa langsung kunjungi situs Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini