Sukses

Raisa Takjub Bakal Tampil di Konser Gita Bahana Nusantara

Raisa akan tampil bersama Isyana Sarasvati.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Raisa dan Isyana Sarasvati mendapatkan pengalaman yang sangat berarti saat tampil dalam konser virtual  paduan suara orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN). Keduanya memang menjadi bintang tamu dalam Konser Virtual Gita Bahana Nusantara (GBN).

Raisa dan Isyana Sarasvati akan tampil dalam kegiatan Konser Virtual GBN yang disiarkan televisi Metro TV  pada tanggal 17 Agustus  pukul 20:30 WIB dan TVRI 20:00 WIB. 

“Ini pengelama pertama bagi saya, sehingga sangat berharga apalagi bisa gabung dengan peserta GBN yang suaranya cukup luar biasa sekali," jelas Raisa saat berbicang melalui kegiatan Webinar, baru-baru ini.

Bagi Raisa saat diminta gabung dengan GBN untuk kegiatan Konser Virtual dirinya kerap kaget. Menurutnya peserta GBN adalah anak-anak muda yang terlatih dan mempunyai bakat sangt bagus. 

“Mereka semunya yang terbaik terpilih dari berbagai daerah," ujar Raisa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Merinding

Hal yang sama juga dirasakan Isyana Sarasvati. Dirinya mengaku sempat merinding saat diajak berkolaborasi dengan peserta GBN.  

“Aku merinding, meskipun hanya bertemu secara tatap muka dan tidak secara langsung. Tahu peserta GBN mempunyai talenta yang luar biasa," paparnya. 

“Saya justru berharap bisa tampil bersama dengan mereka ( red-peserta GBN). Tapi kondisi bangsa tidak memungkinkan hanya bisa tampil secara virtual. Ya semoga saja tahun depan bisa tampil sepanggung," jelas Isyana.

 

3 dari 5 halaman

Perayaan

Seperti kita ketahui sudah menjadi ruitinitas setiap tahunya jelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan pembinaan terhadap generasi muda berbakat dari seluruh provinsi di Indonesia.  

Salah satunya turut menjadi bagian dari Pergelaran Orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) di Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana  Merdeka-Jakarta. Namun untuk HUT RI Ke- 75 tahun ini para peserta GBN tidak bisa tampil seperti biasanya menghibur rakyat Indonesia dan tampil di Istana secara langsung,  lantaran hingga saat ini penyebaran virus corona (Covid-19) belum usai. 

 

4 dari 5 halaman

Konser Virtual

Kendati demikian para peserta GBN masih bisa menyalurkan bakat dan penampilannya melalui virtual. Kehadiran mereka  masih tetap bisa disaksikan dalam peringatan HUT RI di istana dan ditelevisi nasional.  

“Sehubungan dengan situasi pandemi saat ini, Paduan Suara dan orkestra GBN yang sudah menjadi rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan tidak bisa tampil secara langsung di Istana, namun akan tampil secara vitual dengan dikemas bertajuk Konser GBN," jelas Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid kepada wartawan. 

 

5 dari 5 halaman

Patriotisme

Dijelaskan Hilmar kehadiran putra putri terbaik perwakilan dari pelosok negeri salah satu pembuktian untuk menjaga semangat patriotisme dan nasionalisme generasi muda khususnya dalam menyemarakkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Karena meski saat ini kondisi bangsa belum pulih pasca virus corona, namun semangat mereka dapat diacungkan jempol yang dikemas dengan konser Paduan Suara dan Orkestra GBN 2020 dilakukan secara virtual. 

Lanjut Hilmar bahwa GBN bagi generasi muda menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi kreativitas generasi muda khususnya dalam bidang olah vokal dan seni musik, yang pada akhirnya mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme, menghargai keberagaman, dan menguatnya jati diri dan karakter bangsa. 

“Gita Bahana Nusantara yang merupakan gabungan vokalis  dan Pemusik terbaik dari seluruh wilayah Indonesia dibentuk pada tahun 2003. Gagasan awal pembentukannya mengemuka dari Ibu Megawati Soekarnoputri yang menjabat sebagai Presiden RI pada saat itu. Beliau menginginkan dibentuknya paduan suara dan orkestra nasional yang melibatkan generasi muda berusia 16-23 Tahun di seluruh Indonesia dengan tetap menunjukkan kepribadian dan kebudayaan bangsa," papar Hilmar. 

Adapun tujuannya pembentukan GBN menguatkan jati diri dan karakter bangsa,menumbuhkan rasa kebangsaan, menghormati perbedaan, dan memupuk rasa kebersamaan di kalangan generasi muda, dan membentuk Paduan Suara dan Orkestra Nasional yang tangguh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.