Sukses

Zaskia Adya Mecca Sunat Anak Kelima di Usia 15 Hari

Apa alasan Zaskia Adya Mecca menyunat anak di usia 15 hari?

Liputan6.com, Jakarta - Jika kebanyakan anak lelaki baru akan disunat setelah menginjak usia beberapa tahun, maka lain halnya dengan anak bungsu Zaskia Adya Mecca. Bayi bernama Bhaj Kama itu telah disunat pada usia 15 hari.

Hal ini disampaikan oleh Zaskia Adya Mecca melalui akun Instagram pribadinya. Anak keempatnya, Bhre Kata, bahkan telah disunat pada usia tiga hari. Lewat media sosialnya itu, ia menjelaskan alasannya.

"Pertama dengan sunat anak sedini mungkin bisa mengurangi resiko ISK, bersihin dudu nya anak laki2 ga sesimpel anak perempuan, kalo belum disunat," kata Zaskia Adya Mecca pada Minggu (19/7/2020).

"Kita harus tarik kulup kebelakang untuk menghindari penumpukan kotoran.. anak2 ku fimosis (browsing ya) jadi krn sempit agak sulit bersihinnya," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cepat Sembuh

Alasan kedua, proses penyembuhan sangat cepat bagi anak yang disunat pada usia dini. Menurut Zaskia Adya Mecca, 1,5 hari saja lukanya sudah mengering.

"Kemudian less trauma dan hanya bius lokal.. makin kecil si anak makin mudah krn gerakan bayi baru lahir mostly terlentang dan tidur aja," terangnya.

3 dari 5 halaman

Bius Lokal

Lain halnya ketik bayi yang baru disunat di atas usia enam bulan. Pada usia tersebut, sang anak sudah tak bisa lagi dibius lokas selama tindakan dilakukan.

"Hrs bius total (kalo da keburu gede gini mending nunggu anak kooperatif aja usia 5 tahunan) apabila ga da kendala medis," papar bintang sinetron Para Pencari Tuhan tersebut.

4 dari 5 halaman

Konsultasi

Zaskia Adya Mecca juga menyarankan kepada orangtua untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak dan dokter bedah. Ia juga menyarankan untuk cek lab guna mengetahui pembekuan darah pada anak.

"Semoga informasi ini membantu! Aku sih memilih sunat pas bayi krn udah membandingkan kaba (belum sunat sampai skr) dan bhre sunat dari 3 hari lahir.. jauhh lebih mudah perawatannya dan lbh aman dr resiko ISK juga dudu mampet krn kotoran menumpuk diujungnya," istri Hanung Bramantyo ini mengakhiri.

5 dari 5 halaman

Respons

Warganet juga rupanya banyak yang sependapat dengan Zaskia Adya Mecca untuk menyunat anak lelaki di waktu bayi.

"Setuju banget, Bia ponakan aku juga sunat pas masih bayi. Recovery ga sampek 2 hari, no trauma juga terutama," kata salah satu warganet.

"Anak ku jg alhmdllah kmrn pas umur 5 bulan udah di sunat bia.. lebih cepet sembuh dan gk rewel jdinya," tambah yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.